x
Setiap Terima Suap, Bupati Klaten Tidak Lupa Catat
Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Setiap Terima Suap, Bupati Klaten Tidak Lupa Catat

Ahad, 01 Januari 2017 - 16:21:36 wib | Di Baca : 2180 Kali

GILANGNEWS.COM - Setiap uang yang diduga hasil memperdagangkan jabatan di lingkungan pemerintah kabupaten yang dipimpinnya, ternyata dicatat oleh Bupati Klaten Sri Hartini.

Selanjutnya, dari catatan itu pula diketahui bahwa kepala daerah yang merupakan kader PDI Perjuangan nonaktif tersebut tidak hanya menerima dari satu pemberi suap. "Ada bukti catatan keuangan dari mana pemberian itu berasal," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Sabtu (31/12/2016).

Adapun bukti catatan itu sudah disita penyidik KPK ketika menangkap Sri di rumah dinas bupati Klaten, Jumat (30/12/2016) lalu. KPK juga menduga kemungkinan ada penerima lain selain Sri. Sebelumnya, hanya Sri yang diduga sebagai penerima uang tersebut.

KPK beranggapan demikian lantaran melihat konstruksi pasal yang dijeratkan. KPK menilai kemungkinan ada pihak-pihak lain yang menerima, sangat terbuka. Karena itu, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menegaskan, pihaknya saat ini masih memerlukan keterangan pihak-pihak lain.

"Jadi,  penyidik masih membutuhkan keterangan dari pihak lain untuk mengetahui jaringan bekerja," tutupnya.

Sri dan anak buahnya Suramlan, Sabtu (31/12/2016) kemarin, resmi ditetapkan sebagai tersangka suap terkait mutasi dan promosi jabatan. Keduanya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Jumat (30/12/2016) lalu. Sri sebagai penerima suap disangka melanggar pasal 12 ayat 1 huruf a atau b atau pasal 11 Undang-undang Pemberantasan Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP juncto pasal 65 ayat 1 KUHP.

Adapun Suramlan yang juga salah satu kepala seksi di Dinas Pendidikan Klaten disangka sebagai pemberi disangka melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a dan b atau pasal 13 UU Tipikor. Sri dijebloskan ke Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK.

Sementara itu, Suramlan ditahan di Rutan Klas I Jaktim cabang KPK di Pomdam Jaya, Guntur, Jakarta Selatan.***

Sumber: JPNN
 


Sumber :
Editor :









Baca Juga Topik #Korupsi
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA