x
KPU Pekanbaru Temukan Surat Suara Sudah Dicoblos
Ilustrasi

KPU Pekanbaru Temukan Surat Suara Sudah Dicoblos

Sabtu, 21 Januari 2017 - 15:30:11 wib | Di Baca : 2262 Kali

GILANGNEWS.COM - KPU Pekanbaru pada proses pelipatan surat suara yang sudah tiga hari berlangsung di aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menemukan ada surat suara yang sudah dicoblos.

Pelipatan surat suara pilwako Pekanbaru melibatkan 60 tenaga pelipat yang dikawal ketat pihak kepolisian dan Panwas. Di hari pertama, sebanyak 53 ribu lebih surat suara sudah terlipat. Di hari kedua, 88 ribu surat yang menyusul. Dari sekian banyak yang sudah terlipat, KPU menemukan ada total puluhan surat suara yang rusak dan tak layak digunakan.

"Di hari pertama, ditemukan 16 surat suara yang rusak. Dihari kedua, ada 18 surat suara. Kerusakan bervariasi. Ada yang robek, terpotong, cuma menampilkan foto paslon saja tanpa nama, ada yang foto paslon terkena tinta, ada yang kosong sama sekali. Bahkan ada yang sudah tercoblos pada salah satu paslonnya," ujar Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin dilansir datariau.com, Jumat (20/1/2017).

Surat suara yang rusak dikumpulkan hingga hari terakhir pelipatan dan persortiran nanti. Di hari ketiga proses tersebut, jumlah surat suara yang rusak belum diketahui. Karena KPU belum terima laporan.

Amiruddin menjelaskan memang proses pelipatan sedang berlangsung. Sehingga jumlah surat suara yang sudah terlipat dan rusak di hari itu memang belum diketahui. Jika sudah sampai dihari terakhir proses pelipatan, jumlah surat suara yang rusak akan diakumulasikan.

Totalnya akan dilaporkan ke pihak percetakkan untuk kemudian diganti. Begitu pula jika terjadi kekurangan. KPU akan membuatkan berita acara jumlah kekurangan sehingga percetakkan bisa mengirim sesuai kebutuhan.

"Kurang, berlebih atau rusak semuanya akan segera kita tindak lanjuti. Untuk surat suara rusak, kita akan bakar, begitu lula surat suara yang berlebih. Ini disaksikan langsung oleh Panwas dan Polisi. Termasuk jika nantinya ada kekurangan surat suara. Kita akan memberitahu dulu kepada Panwas dan polisi agar tidak terjadi kesalahpahaman," lanjutnya.

Pasca pelipatan tersebut, surat suara akan di-pack. Jelang hari H, tepatnya tiga atau dua H- pencoblosan, surat suara masih akan diinapkan di KPU. Sebelum akhirnya didistribusikan ke TPS bersama logistik lainnya.***
 


Sumber :
Editor :









Baca Juga Topik #Pilkada Pekanbaru
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA