x
Sedikitnya Tiap 3 Menit Ada 1 Anak Terdeteksi Kanker
ilustrasi

Sedikitnya Tiap 3 Menit Ada 1 Anak Terdeteksi Kanker

Selasa, 21 Februari 2017 - 17:17:04 wib | Di Baca : 3358 Kali

GILANGNEWS.COM - Kanker merupakan penyakit yang dapat menyerang siapapun, tak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Data resmi yang dihimpun oleh ICCCPO (International Confederation of Childhood Cancer Parent Organizations) Desember 2014 menyatakan bahwa 175.200 anak terdeteksi kanker setiap tahunnya. Itu berarti ada satu orang anak yang menderita kanker tiap 3 menit.

Hal ini disampaikan oleh Ira Soelistyo selaku pendiri dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) pada acara "Hair for Love" di Jakarta, dilansir suara.com.

Menurut dia, kanker pada anak sangat misterius, tidak ada upaya yang bisa mencegahnya dan tidak diketahui penyebab pastinya. Namun, kanker pada anak memiliki harapan kesembuhan yang tinggi dibanding kasus yang menimpa orang dewasa.

"Bisa diupayakan untuk sembuh apabila terdeteksi secara dini dan segera mendapatkan penanganan medis yang tepat," ujar Ira.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kanker pada anak merupakan masalah yang cukup kompleks. Penyembuhannya tidak hanya memerlukan obat dan terapi, tapi juga dibutuhkan dukungan dari keluarga dan lingkungan sepermainannya.

YKAKI sendiri berdiri pada 2006 silam, dan kini merupakan organisasi yang menyediakan fasilitas berupa sarana dan pendidikan untuk para penderita kanker anak terutama dari keluarga prasejahtera untuk lebih nyaman saat masa perawatannya. Rumah singgah yang dibentuk YKAKI bernama 'Rumah Kita' dan kini telah menampung hampir 700 pasien kanker anak yang tersebar di enam kota di Indonesia.***


Sumber :
Editor :









Baca Juga Topik #Kesehatan
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA