x
Saudi Bantah Putra Mahkota Berniat Tembak Mati Khashoggi
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir.

Saudi Bantah Putra Mahkota Berniat Tembak Mati Khashoggi

Sabtu, 09 Februari 2019 - 13:09:19 wib | Di Baca : 1721 Kali

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi membantah kabar Putra Mahkota Mohammad bin Salman pernah memerintahkan untuk menembak mati jurnalis Jamal Khashoggi. Dia dilaporkan menyatakan hal itu kepada salah satu staf khususnya karena merasa kritik yang dilontarkan Khashoggi mengganggu.

"Kami tahu Putra Mahkota tidak pernah memerintahkan itu. Kami tahu kejadian itu adalah akibat operasi di luar komando," kata Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, seperti dilansir media, Sabtu (9/2).

Loading...

Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober 2018. Saat itu dia hendak mengurus administrasi karena akan menikahi kekasihnya, Hatice Cengiz.

Diduga tim pembunuh Khashoggi berjumlah belasan dan didatangkan dari Saudi. Dia disebut dicekik hingga kehabisan napas, kemudian jasadnya dimutilasi dan dihancurkan menggunakan cairan asam. Sebab, sampai saat ini aparat Turki yang melakukan penyelidikan belum berhasil menemukan jasad pewarta itu.

"Saya tidak bisa menanggapi laporan dari sumber tidak jelas. Kita lihat sebelumnya banyak sekali laporan berdasarkan sumber intelijen yang tidak bisa dibuktikan," ujar Adel.

Kasus itu juga membuat tegang hubungan antara Arab Saudi dan Turki.

Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Agnes Callamard, menyatakan pejabat Arab Saudi merencanakan dan membunuh wartawan Jamal Khashoggi. Kesimpulan itu didapat dari hasil lawatannya ke Turki untuk menyelidiki kasus itu.

"Bukti-bukti yang dikumpulkan selama saya bertugas di Turki menunjukkan mendiang Khashoggi adalah korban dari pembunuhan yang terencana dan brutal, dirancang dan dilakukan oleh pejabat Kerajaan Arab Saudi," kata Agnes di Jenewa, Swiss, kemarin.


Sumber : CNN Indonesia
Editor :









Baca Juga Topik #Peristiwa
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA