Datang ke Riau, Teten Masduki Beri Apresiasi Atas Kinerja Satgas Karlahut

Kamis, 21 Juli 2016

PEKANBARU - Teten Masduki yang merupakan staff ahli presiden memberikan apresiasi atas kinerja Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau. Untuk itu, dia meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan respon cepat terkait penanganan Karhutla yang melanda Bumi Lancang Kuning.

"Pemprov Riau harus respon cepat memang terkait penanganan Karhutla di Riau. Saya kira langkah yang sudah dilakukan sejauh ini sudah baik," kata Teten Masduki kepada wartawan, Kamis (21/7/2016) usai menghadiri rapat persiapan kedatangan Wakil Presdiden RI, Jusuf Kalla, di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Teten mengatakan, sejauh ini sistem penanganan Karhutla sudah berjalan. Upaya penekanan jumlah kebakaran hutan sebesar 60 persen dibanding tahun lalu, dan ini upaya yang cukup efektif. Dengan kata lain sistem yang sudah ditetapkan sudah berjalan dengan baik.

Semua kelembagaan dianggap sudah bekerja sesuai dengan standar prosedur. Dia melihat, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman juga memberikan respon cepat terhadap permasalahan ini.

"Pak Presiden juga meminta, agar Riau ini menjadi wilayah yang harus dapat perhatian khusus terkait masalah Karlahut ini. Saya turun kesini diminta untuk melihat langsung tentang proses penanganan Karlahut," ujarnya.

Teten juga menjelaskan bahwa sistem penangan Karlahut harus dilakukan dengan intensif. Karena Riau merupakan wilayah yang sangat besar, perlu ada pengawasan terhadap pencegahan, dan harus lebih didahulukan.

"Supaya kita bisa ambil tindakan cepat. Makanya diperlukan responding sistem yang lebih maksimal lagi. Kami dari pusat bagaimanapun akan tetap mendukung langkah-langkah strategis yang dilakukan pemerintah untuk upaya pencegahan," pungkasnya.

Reporter : Nuri
Redaktur : Rio