Riau

Sadarkan Pelanggar Lalu Lintas, Satlantas Pekanbaru Datangkan Ustaz dan Pendeta

GILANGNEWS.COM - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru melaksanakan razia dalam rangka Operasi Muara Takus 2019 dengan sistem berbeda, Senin (28/10/2019). Ustaz dan pendeta didatangkan untuk memberikan ceramah agar pengendara tidak melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Kami siapkan ustaz dan pendeta, sampaikan ceramah dan khutbah berkaitan dengan agama. Harapan para pelanggar lebih tersentuh dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas," ujar Kasatlantas Polresta Pekanbaru, AKP Emil Eka Putra.

Razia digelar di Jalan Jenderal Sudirman, depan Bank Indonesia. Selain mendatangkan ustaz dan pendeta, Satlantas juga mengajak para pelanggar lalu lintas untuk menonton video tentang kecelakaan lalu lintas.

Video yang ditampilkan bercerita tentang kecelakaan lalu lintas, khususnya yang berdampak fatal, khusus fatalitas yang sangat buruk. Diharapkan langkah yang dilakukan menyadarkan para pengendara tidak lagi melakukan pelanggaran lalu lintas.

Emil menyebutkan, metode ini dilakukan setelah Satlantas melakukan evaluasi terhadap pelanggaran lalu lintas. Sosialisasi dan imbauan terkait tertib lalu lintas masih diabaikan oleh pengguna jalan raya.

"Kami sering laksanakan sosialisasi dan imbauan tapi pelanggaran masih ada. Dengan metode ini diharapkan pelanggaran bisa berkurang," tutur Emil.

Emil menjelaskan, selama lima hari Operasi Zebra Muara Takus 2019, pelanggaran yang terjadi paling banyak tidak menggunakan helm ganda, melawan arus lalu lintas. Pelanggar umumnya remaja.

"Ada siswa sekolah tak gunakan helm, terus ada plat nomor modifikasi, mobil dan motor. Bertepatan peringatan Hari Sumpah Pemuda, kami beri hukiman ucapkan sumpah pemuda," cakap Emil.


Tulis Komentar