Riau

Penerimaan CPNS 2019, Pemkab Rohul Dapat 169 Formasi

Kabid Perencanaan Kepegawaian Heni Widiastuti.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) resmi mengumumkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 di lingkungan pemerintah pusat dan daerah.

Bedasarkan Pengumuman Nomor: B/1069/M.SM.01.00/2019 Penerimaan CPNS dibuka di 68 Kementerian/ Lembaga serta 462 Pemerintah Provinsi/ kabupaten/kota. Pendaftaran direncanakan dimulai tanggal 11 November 2019 secara online melalui SSCASN BKN.

Sementara pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Asisted Tes (CAT) direncanakan dimulai bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020.

Dalam pengumuman resmi Kemenpan-RB tersebut, Kabupaten Rokan Hulu mendapatkan alokasi sebanyak 169 formasi. Jumlah tersebut lebih sedikit dari usulan Pemkab Rohul yakni sebanyak 275 formasi.

Loading...

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rokan Hulu Helfiskar SH.MH, melalui Kabid Perencanaan Kepegawaian Heni Widiastuti, Selasa (29/10/2019) membenarkan telah diumumkanya jumlah alokasi formasi penerimaan CPNS di lingkungan Pemkab Rohul tahun 2019.

Meski demikian, Heny mengaku belum mengetahui formasi apa saja yang dibuka karena masih menunggu Permenpan-RB sebagai petunjuk Teknis (Juknis) penerimaan CPNS Tahun 2019.

“Kami saat ini belum tahu apa saja formasi yang dibuka karena masih menunggu Permenpan-RB terkait petunjuk teknis. Setelah Permenpan-RB nanti kemudian baru diumumkan formasi apa saja yang dibuka,” cakap Heny saat dikonfirmasi.

Menurut Heny, berdasarkan komitmen dari Badan Kepegawaian se Provinsi Riau, pengumuman formasi nantinya akan dilakukan serentak.

“Tentu kami menunggu dulu Permenpan kemudian kami rapatkan dengan Badan Kepegawaian se Provinsi Riau. setelah itu baru formasi akan diumumkan secara serentak se Riau, seperti tahun kemarin,“ paparnya.

Heny menambahkan, jumlah 169 alokasi formasi CPNS untuk Kabupaten Rokan Hulu ini didasarkan terhadap jumlah ASN yang pensiun pertahunnya di Rokan Hulu. Hal ini pula yang menyebabkan, usulan alokasi formasi yang kabulkan Kemenpar-RB lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah usulan awal yang diajukan BKPP yakni sebanyak 275 formasi.

“Hitungan 169 alokasi formasi itu didasarkan pada jumlah ASN yang pensiun pertahun perdaerah. Nah di Rohul kisaran ASN yang pensiun itu sekitar itu,” ujarnya.

Sebagai gambaran lanjut Heny, formasi yang dibuka CPNS 2019 ini hanya untuk memenuhi kebutuhan teknis dan benar-benar fungsional, seperti guru tenaga kesehatan dan tenaga tekhnis lainnya. Sementara untuk tenaga administrasi banyak yang dihilangkan.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar