Pekanbaru

Dispora Pekanbaru Siap Bantu Pemprov Riau Wujudkan Riau Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U - 20

Zulfahmi Adrian
Loading...

PEKANBARU - Harapan Pemprov Riau agar Stadion Utama Riau, bisa menjadi venue Piala Dunia U-20 tahun 2021, kini sudah didukung penuh oleh masyarakat. Termasuk Pemko Pekanbaru, melalui Dispora Pekanbaru. 

Kepala Dispora Pekanbaru Zulfahmi Adrian menegaskan, bahwa pihaknya siap membantu Pemprov Riau, jika memang dibutuhkan. Apalagi Stadion Utama Riau tersebut, berada di Kota Pekanbaru. 

"Kita ingin mensukseskan pelaksanaan Piala Dunia U-20 tersebut, jika memang Pemerintah RI dan FIFA menetapkan Stadion Utama Riau kita jadi salah satu venuenya. Apalagi pelaksanaannya di Kota Pekanbaru, kita siap mensupport-nya. Karena kewenangannya di Dispora Riau, bukan di Dispora Pekanbaru," tegas Zulfahmi, Kamis (31/10) menjawab wartawan.

Dukungan dari Dispora Pekanbaru secara komprehensif. Karena event ini tidak main-main, bertaraf internasional. Bahkan nomor dua bergengsi setelah Piala Dunia Senior. 

Loading...

Zulfahmi yang juga mantan Sekretaris Asprov PSSI Riau ini mengaku, melihat kondisi stadion saat ini, memang kurang perawatan. Apalagi infrastruktur luarnya. Karena itu, Dispora Riau selaku leading sektor penanggung jawab Stadion Utama Riau ini, harus benar-benar melakukan perawatan jika sudah ditetapkan jadi venue Piala Dunia U-20.

Lebih dari itu, Zulfahmi yang juga Ketua Umum Tim Sepakbola Persires Rengat periode 2007 sampai sekarang ini, meminta kepada Pemprov Riau dan PSSI Riau, agar mendatangkan Tim Peninjau dari PSSI Pusat, terkait apa saja yang harus diperbaiki dan ditambah untuk kelayakan stadion tersebut.

"Kalau kita lihat stadion sekarang ini, standarnya internasional. Tapi karena perawatannya kurang, perlu dicek lagi. Kalau bisa kita sarankan, datangkan segera PSSI Pusat untuk melihat agar layak jadi venue piala dunia U-20," harap Zulfahmi yang juga menjabat sebagai Ketua Pengkot Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Pekanbaru ini. 

Dia juga mengharapkan kepada pihak terkait lainnya, termasuk masyarakat Riau, untuk mendukung pemerintah agar Riau bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, Gubernur Riau H Syamsuar, Selasa (29/10/2019) kemarin, langsung menemui Menpora RI Zainudin Amali di Kantor Kemenpora di Jakarta, untuk mengusulkan agar Stadion Utama Riau masuk menjadi venue Piala Dunia U-20.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur di dampingi Anggota DPR RI dapil Riau Andi Rachman yang juga mantan Gubri periode sebelumnya, Kadispora Doni Aprialdi, serta Sesmenpora dan sejumlah Deputi di Kemenpora.

Kedatangan pejabat Riau tersebut disambut baik oleh Menpora dan para deputi. Menpora menyambut baik niat Riau jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, dan segera melaporkannya ke Presiden RI dan FIFA.

Menpora RI menunjuk beberapa stadion di Indonesia, yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20. Seperti halnya SU GBK Jakarta,  Stadion Pakansari Bogor, Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi,  Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Stadion Sijalak Harupat Bandung dan lainnya. ***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar