Legislator

Wisata Edukasi, Monumen F-16 Diresmikan n KSAU: Jadi Kebanggaan Masyarakat Pekanbaru

Loading...

GILANGNEWS.COM -Monumen F-16 yang dibangun di  halaman Markas Komando Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, telah di resmikan, dan terbuka untuk umum. Dan langsung dijadikan sebagai tempat wisata edukasi yang dibuka setiap hari.

Peresmian tugu atau monumen pesawat tempur F-16 ini dilakukan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara  (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM, pada peringatan hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10), di halaman Markas Komando Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru.

"Mudah-mudahan selain menjadi kebanggaan warga Pekanbaru dan Riau, juga  dapat menjadi sarana edukasi dan pembelajaran anak-anak kita, masalah kedirgantaraan yang perlu mereka ketahui sebagai generasi penerus nantinya," kata Marsekal Yuyu saat meresmikan monumen F-16, dalam rilis yang diterima, Jumat (1/11).

Sebagai informasi, pesawat yang dijadikan monumen tersebut adalah bangkai pesawat F-16 Block C/D milik TNI Angkatan Udara, yang terbakar akibat gagal lepas landas di Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pada tahun 2015 silam. 

Loading...

Dan  kini telah disulap menjadi monumen di taman Dirgantara Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru. "Dengan segala upaya dan kerja keras untuk mengembalikan wujud pesawat tersebut oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST MM, kita apresiasi," ujarnya lagi.

Turut hadir dalam acara peresmian Monumen Pesawat F-16 tersebut, Gubernur Provinsi Riau Drs H Syamsuar, Ketua Umum Pia Ardhya Garini Ny Ayu Yuyu Sutisna, Ketua PIA Adhya Garini DI Koopsau I Ny Sondang Khairil Lubis, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud RSN Ny Irenne Moningka, serta Irjenau Marsda TNI Johanes Barchmans SW.

Lalu, Aspam Marsda TNI Tamsil Gustan Malik SE, Aspers Marsda TNI Anastasius Sumadi, Dankorharmatau Marsda TNI Deto Priyono, Danseskoau Marsda TNI Henry Alfiandi, Danpuspomau Marsma TNI R Agung Handoko SH MM MH, Pangkoopsau I Marsma TNI Khairil Lubis, Komandan Lanud Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST MM, dan para Kadis jajaran Mabesau.

Maka dari itu, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny, mengatakan, kepada masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya yang ingin melihat dari dekat keberadaan Monumen pesawat tempur tersebut pihak Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin mempersilahkan dengan seluas-luasnya.

"Terbuka untuk umum, dan silahkan datang untuk melihat, gratis tanpa biaya," kata Danlanud.

Dia juga berharap, mudah-mudahan dengan adanya monumen pesawat tempur ini akan membantu bagi anak-anak, khususnya yang masih mengenyam dunia pendidikan akan dapat membangkitkan semangat dan motivasi akan kecintaannya dengan kedirgantaraan. "Dan kemungkinan nanti mereka akan berminat mengabdikan diri sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara," harapnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar