Legislator

Kenaikan BPJS Hingga 100 Persen, Jadi Keluhan Warga di Reses Munawar

GILANGNEWS.COM - Anggota DPRD Kota Pekanbaru, dari Fraksi Hanura NasDem, Munawar Syahputra  menggelar reses perdana dengan mengunjungi beberapa lokasi di Kecamatan Bukit Raya untuk mendengar aspirasi masyarakat, Kamis (7/11/2019) kemarin.

Dalam kunjungannya di Kelurahan Air Dingin, salah satu keluhan warga ialah iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang naik hingga 100 persen per 1 Januari 2020 mendatang.

Seperti diketahui dalam Perpres No. 75 Tahun 2019, Jokowi resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan untuk kelas I dari Rp80.000 menjadi Rp160.000, kelas II dari Rp51.000 menjadi Rp110.000, dan kelas III dari Rp25.500 menjadi Rp42.000. Adanya kenaikan iuran BPJS kesehatan ini akan diberlakukan untuk semua segmen peserta.

"Paling banyak keluhannya tentang BPJS, rata-rata tiap titik keluhannya tentang BPJS ada yang meminta jangan dinaikkan," ujar Munawar.

Selain itu, warga juga meminta agar pemerintah melakukan pemberian subsidi bagi peserta kelas III. Meski iuran BPJS sudah resmi dinaikkan pada Oktober 2019 lalu, namun warga meminta agar permintaan tersebut segera dibahas.

"Saya akan menyampaikan usulan tersebut, dan bersama-sama mencari solusi terbaik," sambungnya.

Disamping itu ada juga keluhan yang di sampaikan seperti permodalan bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) serta persoalan Pendidikan.

"Ini persoalan mendasar yang juga sama-sama urgant, akan kita perjuangkan di DPRD dan semoga bisa satu persatu kita benahi. Apalagi soal pendidikan yang merupakan tanggung jawab kita bersama," pungkasnya.


Tulis Komentar