Riau

BPOM Sosialiasi Smart POM dan 2D Barcode, Ini Gunanya Bagi Masyarakat

BPOM Sosialiasi Smart POM dan 2D Barcode
Loading...

GILANGNEWS.COM - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) kota Pekanbaru melakukan sosialiasasi penggunaan aplikasi Smart Pom da 2D Barcode. Apa manfaatnya aplikasi tersebut bagi masyarakat?

Kepala Balai Besar POM Pekanbaru, Mohamad Kashuri, mengatakan bahwa ini merupakan lompatan dan inovasi terbaru dalam pemanfaatan teknologi digitalisasi.

BPOM memanfaatkan aplikasi yang terkoneksi ke barcode untuk membantu masyarakat, karena masyarakat adalah konsumen yang bisa melindungi dirinya sendiri.

Ia menjelaskan, terdapat 3 fitur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Pertama masyarakat bisa langsung scan melalui aplikasi terhadap produk obat, makanan, kosmetik, maupun obat tradisional.

Loading...

"Melalui fitur tersebut bisa mengetahui produknya legal atau ilegal," ucap Kashuri kepada CAKAPLAH.com.

Kemudian fitur yang kedua, masyarakat bisa melakukan pengaduan melalui aplikasi tersebut.

"Tinggal foto produknya di aplikasi tersebut, alamatnya dimana, dan yang diadukan seperti apa. Nanti akan masuk ke server kami sehingga petugas kami akan ke tempat tersebut. Ini lebih cepat daripada pengaduan pengaduan lewat telepon," lanjutnya.

Dan yang terakhir yaitu berita aktual tentang klarifikasi info yang tidak benar. Karena banyak sekali info yang katanya obat makanan tidak sesuai dengan keadaannya.

"Maka kita selalu mengupdate berita tersebut dalam fitur berita di aplikasi tersebut. Inilah kegunaan aplikasi BPOM Mobile bagi masyarakat. Masyarakatbisa ikut melakukan pengawasan," cakapnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar