Nasional

Prabowo Bidik Calon Pekerja Migran untuk Dilatih Bela Negara

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

GILANGNEWS.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki rencana memberikan pelatihan bela negara kepada ribuan calon pekerja migran. Bekal pelatihan bela negara akan dibuat Prabowo dengan menggandeng Kementerian Tenaga Kerja yang dipimpin Ida Fauzia.

Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut kedua Menteri, Baik Prabowo maupun Ida Fauzia telah melakukan pembicaraan awal. Pelatihan bela negara bagi para pekerja migran akan dilakukan menjelang keberangkatan para pekerja keluar negeri.

"Pembicaraan pendahuluan dilakukan di Kementerian Pertahanan. (Pembicaraan terkait) rencana memfasilitasi pelatihan bela negara bagi pekerja migran Indonesia," kata Dahnil aaat dihubungi wartawan melalui pesan singkat, Rabu (4/12).

Dahnil menjelaskan pelatihan bela negara berkaitan dengan pemahaman-pemahaman terkait negara Indonesia serta sikap nasionalisme terhadap negara sendiri. Meski begitu, Dahnil tak menjelaskam secara rinci alasan para pekerja ini diberi pelatihan terkait bela negara.

"Masih pembicaraan awal," kata Dahnil.

Namun demikian, Dahnil menegaskan bahwa Prabowo memandang para pekerja migran sejatinya adalah para patriot bangsa. Keberadaan mereka telah menyumbang devisa besar. Atas peran penting itu, kata dia, perlu kiranya pekerja migran memiliki bekal yang cukup sebagai duta bangsa.

"Bekal tersebut terkait pemahaman dasar tentang ke-Indonesiaan," jelasnya.

Terkait kapan hal ini akan dilaksanakan, Dahnil enggan menyebut waktu pasti. Yang jelas bela negara bagi para pekerja migran ini akan segera dilaksanakan.

"Sesegera mungkin," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemenhan juga berencana mengumpulkan para Youtuber dan influencer di media sosial membantu program bela negara. Kemenhan menilai para pesohor dapat mengaplikasikan bela negara kepada masyarakat secara luas.

"Kami memang sudah merencanakan mengumpulkan para influencer, youtuber, artis," kata Dahni dalam kesempatan sebelumnya.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan pesan bela negara yang ingin disampaikan kepada masyarakat bisa diserap dengan baik jika melalui medium yang dipakai.

"Sahabat-sahabat kita tersebut memiliki kemampuan dan kelebihan menyampaikan pesan kepada rakyat kebanyakan," kata mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah tersebut.

"Untuk data dan informasi yang tidak terkait dengan transaksi keuangan dalam jangka waktu paling singkat 5 tahun terhitung sejak data dan informasi diperoleh," tulis Pasal 25.

Untuk diketahui, definisi perdagangan melalui sistem elektronik adalah perdagangan yang transaksinya dilakukan melalui serangkaian perangkat dan prosedur elektronik.


Tulis Komentar