Riau

Aset Tanah Pemko Banyak yang Masih SKGR. Ginda: Bagaimana Pemko Bisa Kasih Contoh Begini

Loading...

GILANGNEWS.COM - Usai mengikuti sosialisasi dukungan pemerintah daerah dalam percepatan penyelesaian kegiatan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) 2020, yang dilaksanakan di Balai Serindit Pemrov Riau, Ginda Burnama mewakili DPRD Kota Pekanbaru langsung menegaskan kepada Pemerintah Kota, agar segera melakukan sertifikasi terhadap aset tanah yang saat ini belum memiliki kekuatan hukum hak yang kuat, hanya samai kepada surat keterangan ganti rugi (SKGR) harusnya memegang Surat Hak Milik (SHM).

"Dari masalah ini, bagaimana Pemko bisa mengarahkan masyarakat untuk mengurus surat legal untuk hak tanahnya, sedang Pemko aja tanahnya masih banyak SKGR," tegas Wakil Ketua DPRD Pekanbaru ini kepada wartawan usai sosialisasi program pusat ini, Senin (13/1).

Maka dari itu, politisi muda dari fraksi Gerindra ini menyarankan agar Pemko, terhadap aset tanahnya yang belum bersertifikat diminta segera untuk mengurus sertifikat nya.

"Kalau begini kondisinya, Pemko hanya pegang SKGR, maka ini jelas kurang kuat keabsahan hukum nya sebagai hak milik," ujar Ginda.

Loading...

Dengan kondisi masih banyaknya aset tanah Pemko yang SKGR, Ginda menilai OPD terkait tidak bekerja sesuai tupoksi nya. Padahal disampaikan nya, soal aset ini sangat penting dan semua tercatat sebagai bukti kepemilikan.

Berdasarkan pengalaman yang sudah--Sudah, dan berdasarkan informasi media masa banyak aset pemko yang diserobot karena memang tidak memiliki kekuatan hukum yang kuat. Maka dari ini, diharapkannya supaya OPD Pemko terkait untuk mulai jemput bola pastikan semua aset legal kepemilikannya untuk Pemko.

"Jangan pas sudah bermasalah baru sibuk, datalah semuanya dan pastikan selegal-legalnya semua hak atau aset pemko itu," sarannya.

Karena kata Ginda lagi, Pemko itu diminta menjadi contoh kepatuhan bagi masyarakat nya. "Jangan masyarakat diminta patuh aturan sementara Pemko malah melanggar aturan. Inikan tidak pas, jadi apapun ceritanya, pemko harus memberikan contoh yang baik," tuturnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar