Riau

Apresiasi Polda Riau Soal Karhutla, DPRD Minta Pemda Lakukan Hal Serupa

Ade Agus Hartanto.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto mengapresiasi langkah tegas Kapolda Riau yang memecat jajarannya yang dianggap lalai menangani persoalan Karhutla di wilayah hukum masing-masing.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Ipda Hindro Renhard Panjaitan, dicopot. Hindro dinilai lalai menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerahnya.

Pencopotan dilakukan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Tindakan tegas itu sebagai bentuk keseriusan kepolisian mengatasi masalah Karhutla di Bumi Lancang Kuning.

Terkait hal ini Ade Agus menilai, bahwa keseriusan dan komitmen dari kepolisian harus dapat dijadikan acuan dari Pemerintah Daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Loading...

"Ini bisa jadi cerminan bagi Pemprov dan Pemda setempat. Terkait keseriusannnya dalam menghadapi Karhutla ini. Lambat cepatnya Pemda dalam menghadapi Karhutla ini berpengaruh terhadap penanganan Karhutla," tegas Ade.

Dalam memadamkan api, kata Ade Agus, tidak bisa jika api sudah besar, tapi saat api masih kecil. Karena kemampuan memadamkan api pasti akan terbatas jika api sudah besar.

"Kita mengimbau kepada pemerintah daerah, serius. Bisa kita merujuk apa yang dilakukan Kapolda terhadap jajarannya. ini, untuk diterapkan di pemerintah daerah. Ini kan sekarang ini prediksi kemarau tahun ini panjang, jadi di awal ini lah yang menentukan," tukasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar