Pekanbaru

15 Penyandang Cacat Mendapat Pelatihan Kerajinan

Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Pekanbaru, Chairani
PEKANBARU (GILANG News) - Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru untuk pertama kalinya memberikan pelatihan keterampilam gratis bagi sekitar 15 disabilitas di wilayah setempat selama dua bulan.
 
Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Pekanbaru, Chairani mengungkapkan Pelatihan kerajinan ini merupakan program pertama kali di Pekanbaru, dengan mengandalkan dana bantuan dari provinsi. Karena memang selama ini ada keterbatsan dana di Pemerintah Kota (Pemko).
 
"Selama ini ada keterbatasan dana di Pemko, jadi ini anggaran Provinsi Riau, kami dapat bantuan," sebutnya, Senin (24/10).  Ia merinci, saat ini ada sekitar 15 disabilitas dewasa yang dilatih berbagai kerajinan tangan seperti membuat bros, tempat tisu, bunga dan anyaman lainnya.
 
Pelatihan ini diberikan bagi disabilitas yang berasal dari keluarga kurang mampu di Pekanbaru. Tujuannya untuk membuat mereka mandiri dari segi keterampilan dan keahlian yang pada akhirnya diharapkan mampu menghasilkan karya bernilai ekonomi.
 
"Ini bimbingan mental, tujuannya agar disabilitas mandiri dan percaya diri dan mampu meningkatkan perekonomian mereka," katanya. Ia juga berharap agar masyarakat peduli terhadap disabilitas, dilingkungannya dengan memberikan perlakuan yang sama dalam sosial dan status.
 
Chairani  menegaskan jika semua pihak, keluarga dan lingkungan mendukung  kaum disabilitas, maka akan mampu dan berpotensi menghasilkan karya. Diharapkan dari pelatihan ini akan muncul karya kerajinan dan  kreatifitas baru bernilai ekonomi.
 
"Nanti karya mereka akan kami coba pasarkan sekaligus kita coba dengan pola bapak asuh.  Jka karya disabilitas ini ada yang bagus dan diminati pasar, maka terus dibina dan kembangkan, " tutupnya. (RL)


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar