Hari Pers Nasional 2020

Walikota Pekanbaru Sebut Pers Adalah Masyarakat Dewa

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT
Loading...

PEKANBARU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) baru saja merayakan Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap 9 Februari dan ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI, kali ini HPN dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan 2020.

Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Serta dihadiri juga langsung oleh Presiden RI Joko Widodo serta sejumlah Menteri kabinet.

Dalam kesempatan ini, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengatakan peran pers sangat menentukan arah kemajuan suatu bangsa, dan juga dalam mencerdaskan bangsa, serta ujung tombak dalam menangkai informasi-informasi atau mengantisipasi berita hoax yang saat sama-sama diperangi dan dilawan dengan pemberitaan yang benar dari pers yang bermartabat.

"Dalam bahasa sederhana saya selalu katakan, pers ini adalah masyarakat dewa. Dan tentunya bisa memberikan informasi-informasi yang edukatif, dan juga bisa membuat opini yang benar. Maka dari itu kita berharap kedepan semoga pers Indonesia mampu memberikan edukasi kepada masyarakat kita, mampu memberikan motivasi kepada masyarakat kita, dan mari kita perangi berita hoax dari opini negatif," kata orang nomor satu di Pekanbaru ini, Senin (10/2/2020) kepada wartawan diruang kerjanya.

Loading...

Artinya, kata sang visioner ini, dengan informasi-informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat memberikan ilmu dan perubahan pola pikir kearah yang lebih baik, atau mindset yang positif. "Seperti yang disampaikan presiden republik Indonesia, tentang revolusi mental Indonesia, insyaallah dengan revolusi mental dan SDM unggul Indonesia akan maju," ujarnya lagi.

Makanya, keunggulan masyarakat itu tentu dibarengi dengan mendapatkan informasi yang edukatif dan mampu memberikan dorongan yang memotivasi, untuk berinovasi dalam memajukan bangsa.

"Dengan HPN 2020, pers Indonesia akan mampu membangun masyarakat Indonesia unggul untuk mencapai Indonesia maju 2045," harap sosok kepala daerah yang banyak meraih penghargaan dari pemerintah pusat ini.

Di era berkemajuan saat ini, Firdaus menyampaikan siapa yang menguasai informasi, dan siapa yang menguasai informasi pertama itu dipastikan akan dapat memenangkan kompetisi. Dan pastinya akan mendapatkan keuntungan dari informasi itu. "Maka oleh sebab itu, informasi adalah sangat penting di era maju saat ini," tuturnya. ***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar