Pekanbaru

Kunlap Komisi IV DPRD ke STC, Pedagang Dipersilahkan Berangsur-angsur Pindah

Komisi IV DPRD Pekanbaru bersama Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Pekanbaru melakukan kunjung lapangan (kunlap) ke kawasan Sukaramai Trade Centre (STC) yang berlokasi di Jalan Sudirman, Selasa (11/02)
Loading...

GILANGNEWS.COM - Guna menindaklanjuti hasil pertemuan rapat dengar pendapat atau hearing antar lintas Komisi di DPRD Pekanbaru pada hari Senin (10/02) lalu, Komisi IV DPRD Pekanbaru bersama Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Pekanbaru melakukan kunjung lapangan (kunlap) ke kawasan Sukaramai Trade Centre (STC) yang berlokasi di Jalan Sudirman - Pekanbaru, Selasa (11/02). Berdasarkan hasil pantauan dilapangan, gedung STC kini dinilai sudah layak untuk ditempati oleh ribuan pedagang eks Pasar Plaza Sukaramai yang mengalami musibah kebakaran hebat pada akhir tahun 2015 lalu.

Kedatangan secara mendadak, Ketua serta sejumlah rombongan Komisi IV DPRD Pekanbaru bersama instansi terkait lainnya ke gedung STC, disambut oleh pihak manajemen PT Makmur Papan Permata (PT MPP) selaku pengelola serta perwakilan sejumlah pedagang eks Pasar Plaza Sukaramai. Rombongan diajak berkeliling gedung, untuk melihat progres pembangunan yang terus diupayakan oleh pihak pengelola.  

Kunjungan yang dipimpin oleh Sigit Yuwono serta dihadiri oleh sejumlah anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru seperti Wan Agusti, Ali Suseno, Zulfahmi, M Rois dan Robin Eduar tersebut, bertujuan untuk memastikan bahwa pembangunan gedung eks Pasar Plaza Sukaramai yang kini bergantian nama menjadi Sukaramai Trade Centre (STC) sudah rampung dikerjakan. Pasalnya, dalam waktu dekat akan segera dilakukan upaya pemindahan atau relokasi terhadap ribuan pedagang yang kini masih berjualan di kawasan Tempat Penampungan Sementara (TPS).  

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono menilai, progres pembangunan STC terus digesa oleh pihak pengelola yakni PT MPP sehingga proses relokasi pedagang bisa segera dilaksanakan. Jika proses relokasi selesai, maka nanti pembangunan kawasan parkir akan dikerjakan sehingga aktifitas lalu lintas di Jalan Sudirman tidak sembraut dan macet lagi.

Loading...

"Kita kaget juga, ternyata kios/toko yang ada di dalam gedung STC ini sudah hampir rampung dan layak untuk ditempati pedagang. Berbeda jauh kondisinya, saat Komisi I dan Komisi II melakukan kunjungan lapangan pada pekan lalu. Kami menilai, toko/kios yang ada di dalam gedung sudah layak untuk ditempati. Jadi para pedagang, sebetulnya sudah bisa pindah ya, karena semakin cepat semakin baik. Terlebih lagi, kita ini kan mau mengejar penilaian Adipura 2020, jadi kawasan Jalan Sudirman terutama kawasan eks Pasar Plaza Sukaramai harus ditertibkan," ungkap Sigit kepada Iniriau.com, usai melakukan kunjungan ke sejumlah bagian gedung STC, Selasa (11/02) siang.

Mulai rampungnya proses pembangunan gedung STC, ternyata sangat disambut antusias oleh para pedagang yang selama ini tetap bertahan dan berjualan seadanya dilokasi TPS. Salah seorang pedagang Eks Plaza Sukaramai bernama Edyanto mengungkapkan, pihaknya mengaku siap untuk pindah, asalkan diberikan tenggang waktu 2-3 hari oleh pihak pengelola.

"Saya siap pindah, namun tolong berikan kami tenggang waktu pak pengelola. Apakah pada tanggal 21 Februari sudah harus pindah semua dan TPS dirubuhkan, atau bagaimana teknisinya nanti dilapangan. Soalnya proses pindah tidak mungkin selesai dalam waktu satu hari, jadi tolong pertimbangkan ini juga Pak Suryanto. Kami juga memohon, untuk masalah administrasi bisa diselesaikan secara bersama-sama agar pedagang merasa aman dan nyaman," beber Edy.  

Kepala Cabang PT MPP, Suryanto mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan lintas komisi di DPRD Pekanbaru pada hari Senin (10/02) lalu disepakati bahwa pemindahan atau relokasi dilakukan paling lambat pada tanggal 21 Februari mendatang. Dengan progres pembangunan gedung STC yang hampir rampung, diharapkan kerjasama dari para pedagang untuk segera pindah ke dalam gedung STC.

"Alhamdulillah, meski pembangunan belum rampung 100 persen, namun berdasarkan hasil kunjungan yang dilakukan oleh Komisi IV DPRD Pekanbaru, saat ini gedung STC dinilai sudah layak untuk ditempati. Pedagang sudah bisa berangsur-angsur pindah ke dalam untuk mendekorasi toko/kios mereka, sehingga nanti pada tanggal 21 Februari proses relokasi sudah selesai dilakukan. Adapun masalah dengan administrasi yang harus diselesaikan pedagang, nanti akan kita carikan solusi terbaiknya, yang jelas pindah dulu semua ke dalam. Pedagang dipersilahkan untuk mulai mendekorasi toko/kios mereka sejak Dari sekarang, agar nanti tidak terburu-buru," ungkap Suryanto.

Rencananya, setelah seluruh pedagang pindah ke dalam gedung STC maka lokasi TPS akan segera dirubuhkan karena pembangunan lokasi parkir dan fasilitas umum lainnya akan segera dikerjakan. Digadang-gadangkan akan menjadi pusat grosirnya Kota Pekanbaru, STC dengan sejumlah fasilitas yang dimilikinya nanti diharapkan bisa menjadi pusat perbelanjaan modern yang aman dan nyaman bagi para pedagang serta pengunjung.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar