Dunia

Sebuah Roket Hantam Markas Militer AS di Pedalaman Irak

Ilustrasi serangan roket. Markas militer AS di pedalam Irak dihantam roket pada Kamis (14/2) malam.

GILANGNEWS.COM - Sebuah roket menghantam markas militer pasukan Amerika Serikat di Kirkuk, daerah pedalaman Irak pada Kamis (14/2) malam waktu setempat.

Dilansir media, tiga sumber secara terpisah mengatakan roket Katyusha menghantam area terbuka di pangkalan K1 sekitar pukul 8.45 malam waktu setempat.

Selain pasukan AS, markas tersebut juga menjadi pangkalan bagi pasukan polisi federal Irak.

Pernyataan resmi militer Irak mengatakan tidak ada korban jiwa dan luka-luka akibat serangan tersebut.

Pasukan keamanan melaporkan menemukan landasan berjarak lima kilometer dari markas militer. Landasan tersebut yang diduga dipakai untuk menembakkan roket.

Di lokasi tersebut ditemukan 11 roket utuh yang belum ditembakkan, namun para pelaku sudah melarikan diri.

Washington menyalahkan faksi bersenjata r garis keras Irak, Kateeb Hezbollah atas serangan tersebut. Serangan tersebut diduga sebagai aksi balasan yang menewaskan 25 pejuang Hezbollah dalam serangan 29 Desember lalu.

Sebelumnya, serangan roket menghantam Kedutaan Besar Amerika Serikat di Baghdad, Irak pada 26 Januari lalu. Sumber keamanan mengatakan kepada AFP, dari lima roket yang diluncurkan, tiga di antaranya mengenai sasaran.

Satu roket dilaporkan menghantam kafetaria saat jam makan malam.

Seorang pejabat senior Irak melaporkan satu orang terluka akibat serangan tersebut. Namun tidak diketahui dengan jelas identitas korban, apakah warga AS atau anggota staf Irak yang bekerja di misi.


Tulis Komentar