Dunia

Eks Pejabat Rusia Bunuh Diri di Ruang Sidang Usai Vonis

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Seorang mantan pejabat dinas lembaga pemasyarakatan Rusia, Viktor Sviridov, tewas akibat bunuh diri di pengadilan. Insiden itu terjadi selepas hakim membacakan vonis tiga tahun penjara dan menyatakan Sviridov bersalah akibat memeras bawahannya.

"Setelah amar putusan dibacakan, Sviridov bunuh diri. Dia tewas di tempat," kata seorang paramedis seperti dilansir media, Jumat (14/2).

Insiden itu terjadi di Pengadilan Distrik Chertanovsky, Moskow, pada Rabu lalu.

Mantan kepala Departemen Transportasi Dinas Lembaga Pemasyarakatan Rusia itu langsung mencabut pistol yang disembunyikan, dan menembak kepalanya di kursi terdakwa.

Lelaki berusia 71 tahun itu terbukti memeras Wakil Direktur Lapas, Alexander Sapozhnikov, sebesar 10 juta Ruble (sekitar Rp2,1 miliar).

Kuasa hukum terdakwa, Alexander Kotelnitsky, menyatakan kliennya mengidap kanker stadium IV. Namun, ketika menjalani sidang vonis saat itu dia terlihat tenang.

Sejak diadili, aparat Rusia mencegah Sviridov bepergian. Saat ini aparat masih menyelidiki cara lelaki itu bisa membawa pistol hingga ruang sidang, dan tidak terdeteksi. Padahal, pemindai logam di pengadilan dilaporkan dalam kondisi baik.


Tulis Komentar