Legislator

Jadi Daerah Langganan Banjir, Warga Mengadu Kepada Ketua Fraksi PAN DPRD Pekanbaru

Ketua Fraksi PAN Irman Sasrianto bersama masyarakat

PEKANBARU - Sudah diatur dalam undang-undang, setiap anggota DPRD yang dipilih oleh rakyat akan kembali kepada rakyat. Dan ini bertujuan menjemput aspirasi dan diperjuangkan sampai direalisasikan.

Giat reses inilah yang dilaksanakan Irman Sasrianto, yang juga ketua Fraksi PAN DPRD Kota Pekanbaru. Dia datangi warga Rumbai dan Rumbai Pesisir selaku daerah pemilihannya (Dapil) II, untuk medengar langsung aspirasi masyarakat dan untuk dikawal lalu terealisasi.

Disebutkannya, Dapil II ini merupakan daerah langganan banjir. Sebentar saja hujan maka banjir pun datang. "Disebabkan karena pembangunan tidak memperhatikan dampak lingkungan, dan juga disebabkan sampah yang dibuang sembarangan," kata Irman pada reses yang digelar di dua tempat dalam satu hari Sabtu (7/3). Di RT/RW 05/11, Kelurahan Limbungan Baru, Rumbai dan RT/RW 1/5 Kelurahan Limbungan, Rumbai Pesisir.

Dari agenda reses ini, mayoritas hadiri oleh ibu-ibu. Jumlah bapak-bapak kalah banyak pada reses Irman ini. Namun dari apa yang disampaikan warga kepada Anggota Dewan ini, tidak jauh dari persoalan infrastruktur, pendidikan, dan juga kesehatan. Termasuk juga masalah kesempatan kerja.

"Jadi memang keluhan dari masyarakat ini adalah yang kesekian kalinya diterimanya, tapi masyarakat tetap saja berharap dapat direalisasikan segera. Dan kita pun tidak akan putus asa untuk terus mengawal sampai direalisasikan," tegasnya.

Dikatakannya, dari 7 ketua Fraksi yang ada di DPRD Kota Pekanbaru, enam diantaranya berasal dari dapil II Rumbai-Rumbai Pesisir. "Maka nanti hasil reses ini akan dirembukkan bersama dan mencari skala prioritas mana yang akan didahulukan, dan yang pun diperjuangkan, salah satunya banjir," katanya.

Soal banjir ini, Irman juga mengimbau agar masyarakat dapat menjaga kebersihan dari sampah. "Karena banyak laporan, banjir karena sampah menutup drainase," terangnya.

Selanjutnya kepada perangkat daerah, Mulai dari Camat, lurah, sampai tingkat RT/RW senantiasa melakukan sosialisasi soal kebersihan lingkungan. "Karena juga kalau sudah terjadi baru terasa, maka buang lah dan buatlah tempat sampah yang benar dan jelas,* ujar Irman.

Terkait soal lapangan pekerjaan, Irman mengatakan, menjadi tanggungjawab Pemko untuk menyediakan. Dan ini jug harus diprioritaskan oleh perusahaan--perusahaan yang beroperasi diwilayah Pekanbaru, tentu dalam hal rekrutmen tenaga kerja.

"Harus ada instruksi menggunakan tenaga kerja tempatan. Pemerintah harus bertanggung jawab," paparnya.

Karena memang, dari ingin bekerja nya anak -anak lulusan SMA untuk melanjutkan kuliah banyak yang tidak kuat biaya. "Maka jalannya adalah lapangan pekerjaan, dan ini harus siap," tegas Irman.

Disampaikan Irman, soal naker. Disebutkan Irman, komisi III dimana ia ditempatkan, sudah membahas dengan sejumlah HRD Perusahaan. " Memang harus dikuatkan komitmen dengan aturan yang harus diterapkan," tuturnya.


Tulis Komentar