Legislator

Pemko Diminta Awasi Seluruh Pintu Masuk Kota, Ditemukan Langsung Isolasi

Anggota DPRD Pekanbaru Viktor Parulian dari Fraksi PDI Perjuangan

PEKANBARU - Sejumlah wilayah di Indonesia sudah melakukan karantina wilayah untuk pencegahan dan antisipasi meluasnya penyebaran virus mematikan yakni Corona yang berasal dari Tiongkok. 

"Untuk kota Pekanbaru belum, baru akan. Semua melihat situasi dan kondisi," kata anggota DPRD Kota Pekanbaru Victor Parulian.

Namun begitu disampaikannya kewenangan untuk karantina wilayah itu ada di Pemko Pekanbaru sendiri, dan sampai saat ini itu belum dilakukan karena pertimbangan dan lain hal. 

"Kita bisa maklumi hal ini," katanya lagi.

Yang perlu dilakukan pemerintah kota Pekanbaru, disampaikan politisi PDIP ini adalah melakukan pengetatan pengawasan masuknya orang dari luar Pekanbaru ke ibukota provinsi Riau ini. Pekanbaru ada banyak pintu masuk, khususnya jalur darat dan laut.

"Kalau udara hanya ada Bandara SSK II, ya kan," sebut Victor.

Disebutkannya, pengawasan ketat dipintu masuk ini pemko diminta harus melibatkan TNI Polri, selain Dishub dan Pol PP. "Harus stanby di tiga pintu masuk ini, BRPS, pelabuhan dan bandara," tambahnya.

Karena ini bagian dari antisipasi meluasnya penyebaran virus masuk Pekanbaru. "Kan ada SOP nya itu, lakukan maksimal kecuali barang bangunan dan sembako," tuturnya.

Disampaikan anggota Komisi I ini juga terhadap gugus tugas pengawasan dipintu masuk itu juga diminta harus dilengkapi dengan APD, dan juga alat pengukur suhu badan.

"Periksa semua yang datang, jika ada yang terindikasi harus diisolasi segera untuk mendapatkan penanganan khusus tim medis," sarannya.

Dia juga mengatakan, tidak ada yang bisa jamin orang yang masuk ke Pekanbaru dari pintu-pintu itu bebas covid-19. Karena yang warga dalam social distancing pun tak ada jaminan sehat atau bebas dari virus ini.

"Jangan kecolongan, kita pun minta masyarakat untuk patuhi arahan pemerintah yang sudah disosialisasikan. Dan berharap tidak lagi penambahan jumlah yang ODP, maupun PDP, apalagi yang positif," harapnya.


Tulis Komentar