Pekanbaru

Guru-guru tak Perlu Khawatir, Deposit Dana Sertifikasi Masih Rp 112 Milyar

Abdul Jamal

PEKANBARU (Gilang News)- Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, menegaskan kebijakan pusat terkait pemotongan anggaran untuk tunjangan profesi guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) tidak akan berpengaruh bagi guru guru se Pekanbaru, karena Pekanbaru masih memiliki deposit dana sertifikasi.

"Saat ini dana sertifikasi guru yang masih tersedia di kas daerah mencapai Rp 112 miliar. Sementara jika digunakan untuk membayar kebutuhan tunjangan profesi guru Pegawai Negeri Sipil Daerah pertriwulannya hanya akan menghabiskan Rp51 miliar," rincinya.

Jika diperhitungkan, lanjutnya hingga akhir tahun kebutuhan dana bagi para guru masih mencukupi bahkan berlebih. "Apalagi tinggal pembayaran triwulan IV (akhir), karena triwulan III sudah dibayarkan," ungkapnya.

Terkait kebijakan pemotongan anggaran untuk tunjangan profesi guru sebesar Rp 23,3 triliun di APBN Perubahan 2016, memang pihaknya sudah dikabari oleh kementerian, namun bukan berarti yang dipotong itu hak para guru yang masih bertugas. Tetapi milik yang sudah pensiun, atau jam kerjanya yang tidak mencukupi dan sebagainya.

"Triwulan III kemaren dana yang dikirim ke Pekanbaru sudah dilakukan pemotongan dari Rp51 miliar hanya tinggal Rp20 miliar," tegasnya. "Namun karena ada deposit sebelumnya maka dana tunjangan profesi guru Pegawai Negeri Sipil Daerah triwulan III Pekanbaru dicukupi dari situ," katanya lagi.

Sebab sesuai himbauan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dana yang mengendap saat ini digunakan terlebih dahulu untuk pembayarannya.

"Kalaupun ada pemotongan dari pusat, kita akan gunakan dana deposit yang masih tersedia di kas daerah sekitar Rp112 miliar," tegasnya. ***

Link: Riauterkini.com


Tulis Komentar