Pekanbaru

Hati-hati! Ibu-Ibu Mulai Pasang 'Perangkap' di Rumah Anda

Perangkap nyamuk dengan alat dan bahan tradisional

GILANGNEWS.COM- Ibu Yeni, menatap rumah di sekitarnya satu persatu. Ia sama sekali tak memperdulikan siraman sinar matahari yang mulai tinggi. Tangannya menggengam erat sesuatu yang bulat, tak tahu pasti apa karena dibungkus plastik berwarna gelap.

Tak lama berselang, Ibu Yeni sudah berada di teras rumah salah satu warga. Pagar yang tertutup didorong hingga terbuka.

Suara pagar besi yang beradu dengan tembok beton terdengar agak nyaring, pemilik rumah segera membuka pintu dan keluar menghampiri Ibu Yeni.

"Asalamualaikum...."

"Waalaikumsalam..."  Ibu Yeni disambut hangat oleh Ibu Ida, pemilik rumah.

Keduanya memang sudah saling kenal satu sama lain, satu komplek walaupun beda gang.

Ibu Yeni kemudian menjelaskan panjang lebar maksud kedatangannya dengan sangat jelas, sambil sesekali menunjukan sebuah botol yang berisi sesuatu, keduanya terlibat canda gurau.

Ibu Yeni tidak sendiri, ia bersama ratusan ibu-ibu kader Posyandu dan Kader Juru Pemantu Jentik (Jumatik) Kecamatan tenayan Raya, Jumat (18/11/2016), melakukan kegiatan sosial dengan memasang perangkap nyamuk di setiap rumah warga secara gratis.

Dikomandoi Camat Tenayan Raya Abdurahman, Ketua LPM Alizar dan Lurah Tangkerang Timur Zaiful, ratusan kader ini bergerak ke setiap rumah di Perum Cendana, Kelurahan Tangkerang Timur, tenayan Raya.

"Perangkap nyamuk itu merupakan salah satu upaya kecamatan untuk membantu warga memberantas DBD. Maklum saja, ini musim hujan dan penyakit itu harus kita waspadai," ujar Camat Abdurrahman.

Alat dan bahan yang digunakan dalam perangkap nyamuk, katanya, sangat sederhana dan mudah dicari di lingkungan sekitar. Seperti air panas, gram gula merah, gram ragi roti, botol bekas plastik.

Campurannya, yaitu gula merah dengan air panas, plus ragi. Letakkan bagian corong, terbalik, kedalam separuh botol, lalu bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam (isolasi), dan letakkan di beberapa sudut rumah.***
 


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar