Nasional

5 Makanan Penangkal Hipertensi di Sekitar Kita

ilustrasi

GILANGNEWS.COM- Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit yang diderita banyak manusia modern dan berkaitan erat dengan gaya hidup. Banyak orang yang akhirnya bergantung pada obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah. Padahal cara ini dalam jangka panjang memiliki efek samping.

Mungkin hanya sedikit orang yang sadar bahwa di sekitar mereka pun terdapat banyak makanan yang bisa menurunkan tekanan darah. Coba lihat di meja makan, dapur, atau kulkas, siapa tahu makanan tersebut ada di sana, mudah ditemukan dan alami.

1. Lemon
Buah keluarga jeruk ini mampu melunakkan dan membuat fleksibel pembuluh darah sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Air lemon juga mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol.

2. Biji semangka
Semangka bukan hanya baik buahnya, tapi juga bijinya. Biji semangka biasanya dibuat camilan dengan cara dikeringkan dan disebut kuaci. Biji semangka mengandung zat cucurbocitrin yang membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi ginjal. Selain baik untuk menurunkan tekanan darah, biji semangka juga bagus untuk penderita radang sendi.


3. Bawang putih
Dimasak atau mentah, bawang putih tetap bagus untuk menurunkan kadar kolesterol serta menghilangkan ketegangan pembuluh darah dengan cara merangsang produksi oksida nitrat dan sulfida hidrogen.

4. Pisang
Para penderita tekanan darah tinggi bisa mengkonsumsi pisang setiap hari. Buah ini kaya potasium yang mampu menurunkan efek sodium dalam tubuh. Makanlah 1-2 buah pisang setiap hari.

5. Seledri
Mengandung phytochemical 3-N-butylphthalide tinggi, yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Sementara itu zat phthalates membantu mengendurkan ketegangan otot di sekitar dinding arteri sehingga darah pun bisa mengalir dengan lancar tanpa hambatan, dan menurunkan hormon stres yang menghambat aliran darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.


Tulis Komentar