Nasional

Kram Otot dan Mati Rasa, Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

GILANGNEWS.COM- Berbagai jenis vitamin dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh. Kita mungkin tidak menyadari bahwa tubuh kita kekurangan vitamin sehingga cenderung membiarkan kondisi tersebut.

Kekurangan vitamin bisa disebabkan oleh gaya hidup yang serba praktis, sehingga lebih senang mengkonsumsi makanan olahan yang nyaris tidak memiliki kandungan gizi dan vitamin.

Sebagian orang lagi mengalami kekurangan vitamin akibat diet yang salah. Berikut ini, sebagaimana dilansir tempo.co, tanda-tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin, seperti diungkapkan Foxnews.

#Retak-retak di ujung mulut
Ini adalah tanda kekurangan zat besi, seng, dan jenis vitamin B, seperti niacin (B3), riboflavin (B2), dan B12. Gejala seperti ini biasanya dialami kaum vegetarian yang kurang mendapat asupan zat besi, seng, dan vitamin B12. Cara mengatasinya, banyak-banyaklah mengkonsumsi ikan tuna dan salmon, kerang, telur, tomat kering, kacang tanah, dan sayuran kacang-kacangan seperti kacang panjang.


#Ruam merah di wajah dan rambut rontok
Gejala tersebut akibat kekurangan biotin (vitamin B7) yang baik buat rambut. Cara mengatasinya dengan mengkonsumsi telur rebus, salmon, alpukat, jamur, kembang kol, kedelai, kacang-kacangan, rasberi, dan pisang.

#Bintil berwarna merah atau putih seperti bisul
Tanda ini biasanya muncul di wajah, paha, lengan, dan pantat. Penyebabnya adalah kekurangan asam lemak serta vitamin A dan D. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak salmon atau sarden, kacang-kacangan macam almond dan kenari, serta sayuran yang kaya vitamin A, seperti wortel, kentang, dan paprika.

#Mati rasa di tangan, kaki, atau bagian tubuh lain
Tanda tubuh kekurangan folat (B9), B6, dan B12. Masalahnya berhubungan dengan saraf dan berakhir di kulit. Untuk mengatasinya, konsumsilah banyak sayuran, seperti bayam, asparagus, bit, berbagai jenis kacang polong, telur, gurita, tiram, dan kerang.

#Kram otot parah
Inilah tandanya tubuh kekurangan magnesium, kalsium, dan potasium. Keadaan akan makin parah bila kita berolahraga karena banyak mineral yang keluar melalui keringat. Solusinya adalah makan banyak pisang, almond, hazelnut, ceri, apel, jeruk bali, brokoli, bokcoy, serta bayam.
 


Tulis Komentar