Nasional

VIDEO : Pimpin Ribuan Santri Menuju Jakarta, Aa Gym Naik Kuda

Aa Gym menyampaikan orasi dari atas kuda

GILANGNEWS.COM - KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym memberangkatkan sekitar 4.500 jemaahnya untuk mengikuti Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat. Dari atas kuda, dia membakar semangat ribuan peserta.

Dari video yang dilansir detikcom di Youtube, Kamis (30/11/2016) Aa Gym nampak gagah menaiki kuda di tengah ribuan peserta. Dia memakai kemeja lengan panjang warna putih dipadu celana panjang hitam, serta sorban warna merah-putih.

Para peserta yang akan mengikuti Apel Nusantara Bersatu yang diberangkatkan Aa Gym ini merupakan pelajar SMP, SMK dan SMA Daarut Tauhid, santri Tahfidz Quran, para guru dan pengasuh pesantren, juga jemaah Masjid Daarut Tauhid dari berbagai usia.

Aa Gym kemudian memulai orasinya kepada ribuan peserta yang kompak mengenakan ikat kepala berwarna merah-putih. Dia mengawali orasi dengan mengajak seluruh peserta berzikir.

"Kalau berteriak Allaahu Akbar satu telunjuk diangkat ke atas," kata Aa Gym membakar semangat peserta. Ajakan itu pun kompak diikuti. "Allahu Akbar, la Ilaha Illalah, Muhammad Rasulullah," demikian suara zikir para peserta menggema di lokasi acara.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung itu pun kemudian mulai berorasi. Dia mengingatkan seluruh peserta soal apa tujuan mereka mengikuti Apel Nusantara Bersatu itu.

"Alhamdulillah, rekan-rekan sekalian, insya Allah pagi ini kita akan ikhtiar agar kita memiliki amal saleh, saling mengingatkan betapa pentingnya negeri kita ini penuh barokah. Barokah kalau negeri ini jauh dari apa-apa yang tidak Allah sukai. Umat Islam adalah umat mayoritas di negeri ini, paling bertanggung jawab agar memajukan negeri ini di jalan yang Allah sukai," kata Aa Gym.

"Kita seperti ini bukan untuk ujub, riya, takabur, tapi ladang dakwah kita. Semoga dengan kita bisa berbuat seperti ini banyak yang tergugah untuk mencintai Allah, mencintai negeri ini juga sebagai tempat kita bernaung saat ini. Jauhi kesombongan, ketakaburan, perbanyak zikir. Tidak ada kata-kata sia-sia, kata-kata maksiat, mudah-mudahan Allah mencatatkan jadi amal soleh," sambung Aa Gym yang diaminkan seluruh peserta.

Aa Gym seperti gayanya berceramah juga melontarkan candaan kepada para peserta yang berdiri mengelilinginya. Begini dialog tersebut:

Aa Gym: "Siap semuanya?"
Peserta: Siap!
Aa Gym: Sudah makan belum? Ada yang belum makan?
Peserta: (Ada yang menjawab sudah ada yang menjawab belum-red).
Aa Gym: Yang kuat ya, Bu, ya.

Aa Gym mengatakan, jumlah peserta yang hadir di lokasi sekitar 4.500 orang. Dia pun meminta para peserta beristirahat, juga makan dan minum terlebih dahulu sebelum berangkat ke lokasi acara. Dia juga mengigatkan agar seluruh peserta tertib.

Sebelum menutup orasinya, Aa Gym menanyakan ke peserta apakah dirinya tidak mengapa jika naik di atas kuda. Para peserta menjawab tidak mengapa. Aa Gym pun menjelaskan kenapa dirinya harus berorasi dari atas kuda di tengah ribuan peserta.

"Saya enggak apa-apa di atas kuda begini? Kalau di bawah enggak kelihatan. Udah kecil, menghilang. Enggak apa-apa ya. Doakan supaya diterima Allah. Terima kasih, sementara ini silakan beristirahat seperti pasukan yang akan bertugas," ujar Aa Gym.

Editor: Zulfikri

KLIK VIDEO BERIKUT INI


Tulis Komentar