Pekanbaru

Selain Beasiswa, Firdaus - Ayat Juga Bangun Sekolah Untuk Anak Kurang Mampu

DR H Firdaus ST MT saat silahturahmi dengan warga dalam nuansa kesederhanaan, meriah dan akrab

GILANGNEWS.COM- Silahturahmi Pasangan Incumbent Walikota Pekanbaru Nomor Urut 3, DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi SSi dengan warga Bukitraya, kemarin malam, berlangsung sederhana namun meriah.

Pasangan yang sudah lima tahun memimpin Pekanbaru ini dan akan kembali maju pada Pilkada serentak 2017, tetap menjadi idola warga pada pertemuan di Jalan Cemara, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit, Pekanbaru.

Dalam kesempatan tersebut, DR H Firdaus ST MT, kembali memaparkan apa yang sudah dilakukannya selama lima tahun pertama bersama H Ayat Cahyadi SSi, memimpin Pekanbaru. Satu diantaranya adalah upaya meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia.

Menurut Firdaus, pada lima tahun dirinya pertama memang konsen untuk membangun sumberdaya manusia (SDM). Mulai dari memberikan beasiswa dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga  perguruan tinggi.

"Untuk mempersiapkan SDM yang unggul, kita juga telah membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madani. Sekolah ini memiliki asrama di Jalan Khasah Pekanbaru. Insha Allah tahun depan (2017), SMP Madani ini sudah bisa beroperasi,'' tuturnya.

Dikatakan, SMP Madani diperuntukkan bagi  anak anak dari keluarga kurang mampu serta anak anak hafal (Hafiz) Alquran. Anak anak yang sekolah di SMP Madani digratiskan seluruhnya, termasuk pemondokan (asrama), biaya sekolah, akomadasi serta biaya lainnya.

"Kurikulum yang digunakan SMP Madani ini adalah kurikulum nasional ditambah ilmu Alquran," terangnya.

Namun, kata mantan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) ini mengatakan, ada dua syarat yang boleh sekolah di SMP Madani ini. Pertama, anak anak dari keluarga tidak mampu atau kaum dhuafa, serta dua pasang dari aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Menurut Firdaus, peserta  didiknya nanti dibatasi. Pertama, satu kecamatan hanya boleh 2 (dua) anak laki laki dan dua anak perempuan. Kalau jumlah kecamatan di Pekanbaru ada 12 dikali 4 totalnya sudah 24 orang. Ditambah 4 orang lagi dari anak anak ASN Pemko golongan IV.

"Karena ASN golongan IV ini kita anggap sebagai kaum dhuafa,'' ucapnya.

Syarat kedua, kata Firdaus, calon siswa SMP Madani ini mesti Hafiz Alquran. Mininal satu jus, yaitu jus 30. "Jadi, kalau ingin anak anak kita di SMP Madani, harus dipersiapkan dari sekarang,'' ujarnya.

 

Editor: Zulfikri

 


Tulis Komentar