Riau

KPK akan Mulai Menyasar Korporasi

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman bersama Ketua KPK Agus Rahardjo, meninjau Stand Expo Integrity.

GILANGNEWS.COM- Setelah pemerintahan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berwacana akan menyasar sektor korporasi atau swasta, untuk bisa menegakkan integritas dalam internalnya. Mengingat banyaknya kasus korupsi yang terjadi di Riau sering melibatkan korporasi (Perusahaan).

Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan, sasaran KPK untuk masuk di sektor swasta dalam upaya menanamkan integritas agar mendapat dukungan terhadap pencegahan terhadap korupsi. Mengingat yang selama ini sering terjadi, tindakan korupsi dilakukan oleh kedua lembaga ini, yakni pemerintah dan korporasi.
 
"Perubahan kemudian penyempurnaan bisnis proses dan sistem, diharapakan juga terjadi di swasta agar semuanya berjalan sama," kata Agus Rahardjo, Jumat (9/12) di Hotel Aryaduta Pekanbaru.
 
Menurut Pimpinan KPK ini, dengan pemanfaatan program profit yang ada di sektor swasta, akan sangat memungkinkan ditanamkan integritas, perlawanan terhadap tindakan korupsi. 
 
"Kami dari KPK menilai sangat memungkinkan untuk menyasar sektor korporasi dan swasta, langka ini dalam upaya mewujudkan sistem yang lebih baik kedepannya," katanya lagi.
 
Dia menyampaikan swasta dianggap salah satu sektor yang diyakini bisa memberikan peran penting terhadap dukungan anti korupsi. Sejauh ini, berdasarkan hematnya antusias swasta dalam sejumlah gerakan dan kegiatan pencegahan korupsi yang dilakukan KPK cukup memberikan gairah.
 
"Makanya dukungan terhadap pencegahan korupsi dan tegak integritas juga sangat penting, dan sangat memungkinkan untuk disasar ke sektor tersebut.  Kami yakin, dan ini bisa dilakukan," tutupnya optimis.***
 
Editor: Zulfikri


Tulis Komentar