Pekanbaru

Firdaus - Ayat Sudah Terapkan Membangun Berdasarkan Aspirasi dari Bawah

DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi SSi

GILANGNEWS.COM - Program pro rakyat terus digalakkan dibawah Kepemimpinan DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi SSi. Satu diantara adalah Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB - RW).

Tujuan dari diterapkannya PMB - RW adalah mempercepat peningkatan pembangunan dan ekonomi masyarakat, selain menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik individu maupun kelompok untuk turut berpartisipasi memecahkan berbagai permasalahan yang terkait pada upaya peningkatan kualitas kehidup[an, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Mekanisme program PMB - RW adalah dengan menerapkan pembangunan berkelanjutan berbasis masyarakat melalui pelibatan masyarakat secara utuh dalam seluruh tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan di lapangan.

Melalui pelaksanaan program PMB - RW, masyarakat akan merencanakan program, memilih jenis sarana/prasarana sanitasi komunal yang sesuai dengann kebutuhan, menyusun rencana kerja, melakukan pembangunan konstruksi serta mengelola dan melestarikan hasil pembangunan.

Tujuan dari program ini, uintuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial kaum miskin dan memperluas kesempatan kerja mereka melalui konsultasi masyarakat, pemberdayaan dan pembangunan kapasitas pada tingkat lokal.

Sedangkan dana PMB - RW diperuntukan kepada masyarakat dengan tiga sasaran program, yakni untuk usaha, pendidikan, dan pembenahan lingkungan. Dengan demikian, diharapkan mampu mempercepat penataan dan peningkatan ekonomi masyarakat.***

 


Tulis Komentar