Nasional

Sekarang Bikin SIM Baru Sudah Bisa Online, Ini Caranya

Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat meluncurkan 3 aplikasi online

GILANGNEWS.COM - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan pembuatan SIM baru secara online. Sebelumnya menang sudah ada SIM Online namun hanya untuk perpanjangan saja.

Asal pemohon memiliki e-KTP, pembuatan SIM baru bisa dilakukan dimana saja. Bagaimana langkahnya jika ingin membuat SIM baru secara online?

Pertama pemohon melakukan pendaftaran melalui Web Registrasi SIM Online yaitu http://sim.korlantas.polri.go.id.

Kedua, pemohon melakukan pembayaran melalui Teller, ATM, EDC BRI. Ketiga, datang ke lokasi Satpas, Gerai SIM Keliling yang telah dipilih saat registrasi melalui website.

Keempat, pihak kepolisian akan mengecek data yang dimasukkan di website. Kelima, jika data cocok langsung dilakukan identifikasi dan verifikasi (pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan).

Keenam, pemohon akan menjalani ujian teori dan praktik seperti halnya pada pembuatan SIM baru konvensional. Ketujuh, jika lulus ujian, SIM diterbitkan. (Baca panduan SIM Online di link ini)

"SIM online sebenarnya sudah ada cuma hanya untuk perpanjangan, yang belum ada SIM online untuk yang baru, yang baru masih di tempat masing-masing. Tapi dengan e-KTP maka dia bisa memasukkan data, apply di mana saja di seluruh di Indonesia," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian, di SatPas SIM Jakarta Barat, dilansir detik Jumat (16/12/2016).

"Jadi enggak perlu lagi yang punya KTP Papua pulang dulu. Kan mahal, biayanya saja bisa Rp 5 jutaan, untuk bikin SIM baru ini bisa dilakukan di seluruh Indonesia," sambung Tito.

Ia berharap dengan adanya sistem online, praktik percaloan bisa berkurang ke depannya.

"Dengan adanya online calo-calo berkurang saya nggak bilang hilang tapi berkurang cukup jauh," tutur Tito

Selain SIM online, layanan elektronik yang diluncurkan Polri hari ini adalah e-Tilang dan e-Samsat.

Editor: Atika Wulandari


Tulis Komentar