Pekanbaru

H.M Noer: ASN Yang Kedapatan Pungli Akan Kita Pecat

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, HM.Noer MBs.

GILANGNEWS.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru nampaknya akan benar-benar serius memberantas Pungutan Liar (Pungli) di Kota Pekanbaru. Tidak tanggung-tanggung, ancaman pemecatan akan diberlakukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kedapatan melakukan pungli dalam tugasnya.
 
Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, HM.Noer MBs saat dikonfirmasi Selasa (20/12). Dikatakannya sanksi ini sudah sesuai dengan intruksi Presiden Republik Indonesia.
 
"Jika kedapatan ASN yang melakukan pungli, kita akan pecat. Ini tak main-main, karena imbauan larangan pungli berdasarkan instruksi langsung dari Presiden," ujarnya
 
Disampaikannya, ASN sebagai seorang pelayan masyarakat, agar memberikan yang terbaik tanpa harus meminta imbalan. Karena, beberapa SKPD di lingkungan Pemko Pekanbaru yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
 
"Kepala SKPD masing-masing harus selalu memberikan penegasan untuk tidak melakukan pungli. Kalau ada, pegawai di SKPD yang kedapatanpungli, bukan hanya ASN saja yang kenak sanksi, Kepala SKPD nya juga akan dievaluasi," tegasnya.
 
Adanya tim Sapu Bersih (Saber) Pungli, menurutnya sangat diperlukan. Jadi, kebiasaan masyarakat untuk memberi, dan ASN menerima imbalan juga akan hilang dengan sendirinya. Dengan begitu, secara otomatis kepercayaan masyarakat umum kepada ASN bisa kembali meningkat.
 
"SKPD yang bersentuhan langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat inikan memang rawan, untuk itu mari bersama-sama saling memberikan pengawasan di lapangan dan laporkan jika melihat adanya aksi pungli di Pekanbaru," tegasnya.
 
Saat ini, kata M Noer, beberapa SKPD di lingkungan Pemko Pekanbaru sudah ada yang memasang stiker larangan pungli seperti yang terpasang di loket pelayanan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pekanbaru.
 
Reporter: Idris
Editor: Rio


Tulis Komentar