Riau

Hati-hati, Insomnia Faktor Pemicu Kematian

Ilustrasi
Loading...

GILANGNEWS.COM-Insomnia atau dimana anda mengalami kesulitan untuk tidur hingga tidak mendapatkan waktu istirahat yang maksimal memang memiliki sejumlah dampak buruk yang bisa berakibat fatal pada kesehatan. Contohnya saja, tubuh anda akan menjadi lemas dikarenakan kekebalan tubuh menurun, konsentrasi buyar, kehilangan keseimbangan, bicaranya ngelantur dan emosinya pun menjadi tidak stabil.

Hal yang paling dikhwatirkan dari semua dampak buruk yang bisa dialami seorang penderita insomnia, yang paling parah adalah potensi menderita penyakit asma sekaligus.

Seperti keterangan salah satu Dokter RSUD Embung Fatimah Batam,  Dr. Oktri. Zulmeidi kepada riau24.com, Senin (19/12/2016), Pada dasarnya ada beberapa penyebab insomnia, diantaranya stress, gangguan emosional, beban pekerjaan, gangguan pola tidur pada orang yang sudah biasa begadang dan obat-obatan tertentu (beberapa jenis antidepresan).
"Beberapa penyakit juga dapat sebabkan insomnia, pada penyakit asma yang kronis sulit tidur disebabkan Karena gejala sesak nafas timbul saat malam hari sehingga dapat mengganggu pola tidur. Dan jangka waktu yang lama dan terus menerus tentu saja dapat berakibat insomnia,"terangnya.sebagaimana dilansir riau24.com

Hal ini sejalan dengan yang dimuat laman Medicine Net penelitian yang dilakulan di University of Pittsburgh, AS menemukan bahwa 37% orang dewasa yang mengalami insomnia juga mengalami asma sekaligus. Inipun bisa terjadi sebaliknya, diawali dengan asma menjadi insomnia.

Ketika kedua penyakit ini menyatu, berat badan anda akan naik dan gejala serta dampak lainnya pun semakin terasa dan terjadi secara bersamaan. Ini karena kesulitan tidur akibat insomnia membuat ritme pernapasan kurang stabil dan lambat laun menyerang paru-paru dan mengganggu fungsinya.

Tidak jauh berbeda, penderita asma akan kerap kali dihadapi situasi dimana mereka terbangun malam-malam karena sesak nafas dan tidak bisa memejamkan matanya kembali sampai hari esok. Pasalnya jika semua ini digabungkan menjadi sangat kronis dan bisa berakibat kematian.

Untuk itu, bagi anda yang mengalami gangguan-gangguan tetsebut, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter. Menjadi sehat itu pilihan.***


 

Editor    : Atika Wulandari
 


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar