Pekanbaru

Seorang Mahasiswa Menjadi Korban Penipuan Jual-Beli Motor Online

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Berharap mendapatkan sepeda motor, seorang mahasiswa di Pekanbaru malah menjadi korban penipuan Rp 8 juta.

Korban awalnya melakukan transaksi pembelian sepeda motor lewat salah satu situs jual beli online. Korban M Yasir dalam laporannya melihat tawaran ada ya sepeda motor yang dijual.

Tertarik dengan tawaran dan harga yang di tuliskan, korban kemudian menjalin komunikasi dengan penjual.

Harga yang disepakati Rp 8 juta rupiah kemudian dikirim lewat transferan ATM salah satu bank. Penjual mengatakan akan segera mengantarkan barang tersebut lewat cargo pesawat.

Namun setelah uang dikirim, sepeda motor yang diharapakan tidak kunjung sampai.

Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Arianto dikonfirmasi, Kamis (22/12/2016) mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait laporan penipuan tersebut sebagaimana dilansir tribunnews.com.

Bimo juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah melakukan transaksi tanpa bertemu langsung dengan penjualnya.

Terpisah, Public Relation OLX Indonesia, Amelia Virginia, yang dikonfirmasi terkait aksi penipuan yang memanfaatkan situs jika beli online tersebutkan pihaknya menyesali adanya laporan penipuan dengan memanfaatkan platform OLX.co.id.

Modus penipuan selalu berkembang, baik melalui media online maupun secara offline.

OLX menurutnya membutuhkan bantuan dari masyarakat dan pengguna, untuk melaporkan iklan-iklan yang bermasalah, agar dapat di proses lebih lanjut.

"Kami mengimbau agar masyarakat terus berhati-hati dalam bertransaksi dan menyarankan agar pembeli-penjual dapat melakukan transaksi secara langsung (Cash on Delivery/COD). Sehingga kedua belah pihak dapat bertransaksi secara aman dan nyaman," ujar Amelia.***

Editor: Yusuf


Tulis Komentar