Nasional

Jika Anda Penderita Asma, Kurangi Konsumsi Daging Olahan !

Ilustrasi
Loading...

GILANGNEWS.COM - Apabila Anda memiliki penyakit asma, sebaiknya kurangi makan daging olahan. Menurut sebuah penelitian, banyak makan daging olahan, seperti sosis dan ham dapat memperburuk gejala asma.

Zhen Li dari Rumah Sakit Paul Brousse di Paris, Prancis mengatakan, daging olahan kaya akan nitrit yang dikhawatirkan dapat memicu peradangan di saluran napas.

Penelitian menemukan, orang-orang yang mengasup empat porsi daging olahan maupun daging yang diawetkan setiap minggu, 76 persen lebih berisiko mengalami perburukan gejala asma.

Perburukan itu bisa berupa sesak di dada, sesak napas atau kesulitan bernapas. Menurut peneliti, banyak makan daging olahan juga memengaruhi fungsi paru-paru.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Thorax ini melibatkan 971 orang dewasa (49 persen laki-laki). Peneliti mencatat semua asupan makanan mereka sehari-hari.

Mereka yang lebih banyak makan daging olahan ternyata mengalami gejala asma yang lebih buruk dibanding yang hanya sedikit makan daging olahan.

Dengan adanya penelitian ini, orang yang memiliki asma sebaiknya hindari makan daging olahan terlalu banyak. Lagipula, daging olahan, seperti dari daging merah juga dikaitkan dengan rusiko penyakit kanker.

Banyak makan daging merah bisa memicu peradangan dalam tubuh. Peneliti juga mengingatkan, kelebihan berat badan dapat menjadi salah satu faktor yang memicu asma. Untuk itu, orang yang memiliki asma juga harus menjaga pola makan sehat. ***

Editor: Yusuf
Sumber: BOLDSKY


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar