Pekanbaru

Firdaus - Ayat Berhasil Perkuat Program Pertanian

DR H Firdaus ST MT saat panen melon tanaman salah satu kelompok tani di Rumbai
Loading...

GILANGNEWS.COM- Pemerintah Kota Pekanbaru dibawah kepemimpinan DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi SSi, juga terus memperkuat program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, khususnya melalui Dinas Pertanian.

Salah satu program yang sudah menunjukan hasil membanggakan adalah pembinaan terhadap Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Palas Sejahtera di Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai.

DR H Firdaus ST MT bersama rombongan panen labu madu di Rumbai

Gapoktan Palas, yang merupakan gabungan dari beberapa kelompok tani, didorong untuk mengembangkan berbagai hasil pertanian dan peternakan. Hasilnya, Gapoktan ini mendapat perhatian dari Presiden RI dan diundang ke Istana Negara pada 2015.

Undangan tersebut merupakan pembuktian prestasi yang diukir dalam setiap kegiatan Gapoktan itu di sektor pertanian. Sebelumnya, Gapoktan Palas merupakan terbaik tingkat kota dan provinsi.

Uniknya, prestasi tersebut merupakan kali pertama yang diperoleh Kota Pekanbaru dari sektor pertanian. Awaldi Hasibuan, Ketua Gapoktan, menyebutkan, saat ini Gapoktan yang dipimpinnya tersebut telah memproduksi berbagai macam hasil pengolahan pertanian.

Loading...

DR H Firdaus ST MT panen kangkung

Sebut saja Tepung Mokab, tepung yang berasal dari ubi tersebut mampu diproduksi sebanyak 2 ton per pekan. Sedangkan hasil olahan lainnya, Gapoktan Palas Sejahtera juga mampu membuat berbagai macam makanan olahan siap saji berbahan utama Tepung Mokab. Sebut saja dodol ubi serta empek-empek.

Dengan raihan tersebut serta giatnya masyarakat dalam bertani, tak heran jika Firdaus - Ayat menetapkan kawasan ini sebagai pusat wisata agro di Pekanbaru. Berbagai bantuan sudah diberikan, termasuk juga perbaikan sarana dan prasarana infrastruktur pendukung.***


Penulis    : Yusuf Mario
Editor      : Atika Wulandari
 


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar