Nasional

Studi: Facebook Buat Tak Bahagia dan Iri Hati

ilustrasi

GILANGNEWS.COM- Sebuah studi menemukan bahwa media sosial facebook bisa membuat penggunanya merasa tidak bahagia dan iri hingga menjadi depresi. Sedangkan pengguna yang mengambil istirahat seminggu dari situs media sosial ini, diketahui lebih merasa puas dengan hidupnya dan menilai kesehatanya dengan angka tinggi.

Dilansir laman The Independent, University of Copenhagen melakukan percobaan yang melibatkan 1.095 orang, separuhnya diminta untuk melanjutkan kebiasaan penggunaan facebook dan separuhnya lagi diminta untuk tidak lagi menggunakan.

Dari percobaan itu ditemukan bahwa partisipan yang masih menggunakan facebook menderita kadar iri yang cukup tinggi, kecenderungannya adalah cemburu dari aktivitas teman di media sosial.

"Jutaan jam dihabiskan untuk facebook setiap hari. Kita lebih terhubung saat ini dari sebelumnya, tetapi apakah keterhubungan ini berdampak baik bagi kesehatan kita? Menurut studi saat ini, jawabannya 'tidak'," kata peneliti Morten Tromholt.

Tromholt melanjutkan, penggunaan utama facebook, sebagai alat komunikasi dan mendapatkan kabar dari kerabat, sebagai kebiasaan masa lalu, memengaruhi kesehatan kita secara negatif dalam beberapa dimensi.

Ukuran sampel dari penelitian ini, sebagaimana dilansir viva.co, adalah 86 persen wanita dari seluruh wilayah Denmark, dengan usia rata-rata 34 tahun dan dengan jumlah teman facebook 350 orang.

Pertama, mereka diminta melakukan pretes selama 15 menit kemudian sscara acak memasukkan mereka ke dalam grup percobaan yang dilarang menggunakan facebook selama tujuh hari, atau ke dalam grup yang meminta mereka meneruskan penggunaan facebook.

Pada tes selanjutnya di hari terakhir percobaan, di mana 888 partisipan lakukan, 13 persen kelompok yang tidak menggunakan facebook mengaku menyerah dan kembali menggunakan facebook. Hal ini dilakukan, karena mereka sudah terlanjur terbiasa.

Dalam percobaan tersebut, para pengguna facebook menilai kepuasan hidup mereka dengan nilai 7,74 dari rata-rata 10. Tetapi, mereka yang menjauh dari facebook memberikan nilai 8,11.

Efek berhenti menggunakan facebook pada kesehatan, juga sangat besar pada mereka yang mengalami iri dibandingkan pengguna yang masih menggunakan. Sebuah penelitian, juga menemukan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan mereka yang berusia 19-32 tahun untuk menggunakan media sosial, semakin tinggi risiko mereka depresi.**


Tulis Komentar