Pekanbaru

Pemprov Riau tak Alokasikan Dana untuk Beasiswa

Ilustrasi

Gilangnews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 dipastikan tidak mengalokasikan dana untuk bantuan pendidikan (Beasiswa).

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi kepada wartawan, Senin (2/1/2017). Tak dianggarkan dana beasiswa karena Pemprov Riau akan mencermati terlebih dahulu penerima bantuan pendidikan tersebut.

"Kita perlu mencermati persyaratan untuk menerima beasiswa kurang mampu, salah satunya dengan definisi kata miskin agar tidak terlalu mudah untuk diadministrasikan oleh sembarangan masyarakat yang sesungguhnya masuk dalam kategori mampu," Kata Ahmad Hijazi.

Apalagi, lanjut dia, pada tahun 2016 ada sekitar 22.000 mahasiswa yang mengajukan beasiswa kurang mampu ke Pemprov Riau. Karena itu, pihaknya mencermati ada sesuatu yang salah dan perlu selektif lagi mendefinisikan kata miskin.

Ahmad Hijazi mengatakan, beasiswa kurang mampu harus benar-benar diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu dan prestasi. Ia pun meminta agar pihak-pihak terkait lebih selektif lagi dalam menyalurkan beasiswa.

"Kita selalu berfikir untuk mencetak anak Riau yang unggul, caranya harus tepat sasaran memberikan beasiswa kepada mereka yang berhak. Artinya penyalurannya tidak salah sasaran, jangan pula yang mampu juga menerima bantuan, ini kan salah," tandasnya.***

 
Reporter: Amin
Editor: Yusuf Mario

 


Tulis Komentar