Nasional

Pangkas Angka Kemiskinan, Deddy: Menciptakan SDM yang Unggul

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar

GILANGNEWS.COM - Angka kemiskinan di Provinsi Jawa Barat, saat ini masih terbilang tinggi. "Angkanya, 9 persen dari total penduduk Jabar sebanyak 47 juta orang," kata Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, kepada awak media di Subang, Kamis 12 Januari 2017.

Buat mengentaskan angka kemiskinan tersebut, menurut Deddy, solusi paling jitu yakni menciptakan sumber daya manusia yang unggul. "Setiap tahun, kami menciptakan 20 ribu pengusaha baru," ujarnya.

Ia mengaku agak kesulitan mengubah pola pikir penduduk produktif di daerahnya. Sebab, selama ini, mereka dan para orang tua mereka selalu berpikir jika sudah keluar sekolah atau kuliah bisa langsung bekerja di pabrik-pabrik atau pegawai negeri, kini disebut Aparat Sipil Negara (ASN).

Deddy menegaskan, keberhasilan merubah mainset tersebut otomatis akan mengubah pola pikir usia produktif tersebut menjadi pengusaha yang mampu menciptakan lapangan kerja baru.

"Dalam mainset mereka yang baru akan berpegang teguh bahwa menjadi buruh pabrik itu harus menjadi pilihan yang terakhir," Deddy menegaskan.

Kecuali melakukan upaya menciptakan pengusaha muda baru, pihaknya juga melakukan pengasuhan anak-anak terlantar dan yatim piatu untuk anak-anak mulai dari nol tahun sampai 18 tahun.

"Saat ini, jumlahnya mencapai 350 orang," tuturnya. Kecuali mendapatkan pengasuhan mereka juga disekolahkan dan berikan fasilitas pendidikan lainnya. Mereka, kini, ditampung di Balai Perlindungan Sosial Asuhan Anak Pagaden, Ciumbuleuit Bandung, Cibalagung Bogor dan Garut.

Kepala BPS2A Pagaden Muhamad Nizar, mengatakan, anak asuhnya kini berjumlah 80 orang.

"Mereka berasal dari keluarga terlantar dan yatim piatu," ujarnya. Selama dalam pengasuhan, anak-anak tersebut mendapatkan fasilitas penginapan, makan, pakaian sekolah dan biaya sekolah secara gratis. "Anggaran tersbut semuanya berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat," ujarnya. BPS2A pimpinannya kini sudah terakreditasi A.***


Sumber: Tempo


Tulis Komentar