Pekanbaru

DPRD Minta ASN dan Masyarakat Kompak Perangi Pungli

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Pergerakan tim Saber Pungli bentukan Pemprov Riau, kini sudah diwaspadai kalangan ASN.

Anggota DPRD Pekanbaru Kudus Kurniawan, Jumat (13/1/2017) menegaskan, beberapa kasus yang ditangkap kemarin, diharapkan menjadi pelajaran berharga bagi ASN lainnya.

Ia mengatakan yang paling penting di sini agar kejadian yang sama tidak terulang, para ASN jangan biasakan minta uang kepada masyarakat yang dilayani, meski itu bentuknya uang terima kasih.

Karena apapun bentuk dan namanya, jika pembayaran tidak sesuai aturan, maka itu sudah termasuk pungli. Menurutnya, kebiasaan ASN mengharapkan imbalan yang selama ini menjadi kebiasaan buruk, harus diberangus. Terutama dari pengurusan administrasi.

"Tidak semua warga itu semua pemikirannya. Belum tentu juga warga yang memberikan ikhlas. Kebanyakan mereka memberi karena takut lama diurus, kebiasaan dari masyarakat sebelumnya dan lainnya. Ini yang harus kita ubah," tegas dilansir tribunpekanbaru.com.

Pungli di lingkungan ASN ini memang sulit diberantas habis. Tapi paling tidak, berangsur-angsur tidak dipertontonkan lagi. Apalagi di beberapa dinas selama ini, jika tidak ada uang terima kasih atau uang rokok dan sebagainya, maka urusan akan menjadi lama.

"Itu tadi, mental ASN-nya yang harus dilatih. Makanya kita harapkan agar Pemko juga membentuk tim Saber Pungli-nya," pinta Kudus seraya meminta, agar warga juga jangan membiasakan memberi uang kepada ASN, di luar aturan. Karena mereka sudah digaji.***


Tulis Komentar