Pekanbaru

Sampah di Pekanbaru Berserakan, Partisipasi Camat dan Lurah Kurang

Sampah di pinggir jalan

GILANGNEWS.COM - Tumpukan sampah masih kerap terlihat pada beberapa  jalan protokol di Kota Pekanbaru meski diangkut setiap hari. Penumpukan dinilai akibat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi jam buang sampah belum baik. Partisipasi Camat dan Lurah di wilayah masing-masing pun kurang.

Untuk menyelesaikan masalah sampah ini sendiri Plt Wali Kota (Wako) Pekanbaru H Edwar Sanger SH MSi memberi tenggat 10 hari pada jajarannya untuk dituntaskan. Penanganan komprehensif dinilai perlu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Zulfikri, Jumat (13/1) menyebutkan, pada dasarnya pengangkutan sampah di Pekanbaru kini tak ada masalah.’’Sudah tidak ada masalah, sudah bersih. Jalan Spekarno Hatta sampai ujung Jalan Riau, sudah kita angkat 56 truk sampah ke TPA kita angkat,’’ jelasnya.

Masalah di lapangan, lanjutnya,  sampah yang sudah diangkut tetap muncul.’’Sekarang kan sudah dibuang muncul lagi dia. Harusnya akan diawasi pengawasan melalui lurah dan camat terhadap warganya,’’ ucapnya.

Untuk membuang sampah sendiri di Kota Pekanbaru sudah ditetapkan waktu pembuangan sejak pukul 19.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.’’Kita pukul  06.00 WIB sudah angkat. Logikanya kalau sudah diangkat datang darimana sampah itu,’’ sebutnya.

Saat ini sambungnya, pengawasan mutlak diperlukan. Camat dan Lurah sebagai pemimpin di wilayah diminta ikut mengawasi dan tak hanya memberi tahu bahwa ada tumpukan sampah.’’Pengawasan perlu. Sekarang kan, kita dikasih tahu dimana ada sampah, kita angkat. Tapi setelah diangkat kan diawasilah,’’ tuturnya.

Ia menilai camat dan lurah setelah peraturan baru pemerintah menyerahkan pengangkutan sampah pada pihak ketiga menjadi terkesan lepas tangan.

’’Dulu camat sebelum pengangkutan sampah dilakukan pihak ketiga kan sampah tidak banyak, karena mereka terlibat dalam pengangkutan. Sekarang jangan lepas tanganlah. Mereka kepala wilayah, awasi wilayahnya.” tutupnya.***


Sumber: Riaupos


Tulis Komentar