Pekanbaru

Tak Disangka, Penggagas Pekansikawan Ternyata Berlatar Belakang Ini

Loading...

GILANGNEWS.COM- Nama Pekansikawan, sejak beberapa tahun terakhir selalu digaungkan oleh Pemerintah Provinsi Riau dan beberapa daerah lainnya. Tapi tahukah anda siapa penggagas Pekansikawan, apa singkatannya, dan apa pula maksudnya?

Pekansikawan, merupakan singkatan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan. Tiga kabupaten ini, merupakan daerah yang menjadi tetangga dekat Kota Pekanbaru. Saking dekatnya, di salah satu sudut kota, nyaris tak lagi diketahui mana rumah yang sudah masuk wilayah Kampar, mana pula yang berada di Pekanbaru.

Contoh Kerjasama Pekansikawan

Menurut sumber gilangnews.com, persoalan tersebut merupakan salah satu dari tujuan dibentuknya Pekansikawan. Karena secara kedekatan, ada warga yang urusannya lebih dekat ke Pekanbaru dibanding pada tiga kabupaten tersebut, tapi di lain pihak, ada warga Pekanbaru yang ber-KTP Pekanbaru, namun tempat tinggalnya berada di kabupaten lain.

"Karena pesatnya pembangunan, hal ini tidak bisa dihindari lagi. Oleh karena itu dibentuklah Pekansikawan yang nantinya akan bekerjasama dalam banyak hal dan dalam artian lebih luas," ujar sumber, kemarin.

Dulu pernah kejadian, ada rumah terkabar di daerah Pasir Putih, Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Rumah yang terbakar udah rata dengan tanah, tapi pemadam kebakaran belum kunjung datang. Semua pihak menyayangkan terlambatnya pemadam kebakaran sampai di lokasi.

Bila Pekansikawan sudah berjalan baik dan normal, hal-hal seperti itu bisa ditangani secara cepat oleh Pekanbaru. Pertama, jaraknya lebih dekat bila dibandingkan harus menunggu mobil pemadam dari Bangkinang, Kampar.

"Bisakah Pekanbaru membantu korban seperti itu, bisa. Tapi ketika pemeriksaan, dikhawatirkan akan terkena masalah, karena wewenangnya salah. Bila sudah seperti ini, siapa yang akan bertanggungjawab. Ini salah satu contoh kecil dari tujuan Pekansikawan?" ujar sumber.

Hal lain, Pekanbaru bisa segera mengembangkan daerah pinggiran menjadi kawasan lebih maju, yang tentunya juga membantu daerah tetangga, demikian pula sebaliknya. Dampaknya adalah, pembangunan menjadi lebih pesat dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.



Lalu siapa penggagas Pekansikawan? Adalah DR H Firdaus ST MT, Walikota Pekanbaru 2012 - 2017, yang kini kembali maju bersama pasangan lamanya, H Ayat Cahyadi SSi, di Pilkada serentak 2017.

Dulu, Pekansikawan hanya disebut kerjasama antar daerah. Seiring waktu, dicarilah nama yang tepat, yang pada akhirnya jatuh pada nama Pekansikawan.

Tak hanya nama, DR H Firdaus ST MT, juga telah menyiapkan konsep kerjasama, seperti transportasi, pendidikan, jalan dan banyak hal lainnya. ***

Loading...


Penulis: Yusuf Mario
Editor: Atika Wulandari
 


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar