Pekanbaru

Pengangkutan Sampah di Pekanbaru Lambat, Ini Tanggapan Plt Wako

Petugas kebersihan mengangkut tumpukan sampah.

GILANGNEWS.COM - Masalah tumpukan sampah di kota Pekanbaru dalam beberapa waktu belakangan ini, tampaknya tak kunjung tuntas. Pasalnya untuk beberapa tempat penampungan sementara, sampah masih dibiarkan menumpuk dalam waktu seharian.

Menanggapi ini, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru Edwar Sanger saat dikonfirmasi mengakui jika saat ini armada angkutan sampah, masih menjadi persoalan utama yang disampaikan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kepadanya.
 
Disebutkan Edwar Sanger, dari 124 unit armada pengangkut sampah yang ada di DLHK, hanya 64 unit yang bisa beroperasi. Sedangkan sisa dalam keadaan tidak baik (rusak).

"Itu untuk melayani 12 Kecamatan, 83 kelurahan. Tenaga kebersihan kita 1.223 petugas," kata Edwar di Pekanbaru, Jumat (20/01).

Meskipun begitu, karena kekurangan armada ini sudah terjadi sejak tahun lalu, maka ia mendesak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dapat mengoptimalkan armada yang ada agar sampah di Pekanbaru bisa cepat terangkut.

Ia pun meminta kekurangan armada tidak lagi jadi persoalan. Menurutnya jika jadwal pengoperasiannya disusun, tentu pengangkutan sampah bisa lebih optimal.

"Kekurangan armada itu kan dari dulu juga sudah terjadi, tapi kenapa dulu bisa kok sekarang tidak. Ada apa, iya toh," sebutnya.

Ditambahkannya, nantinya ia akan melakukan evaluasi mobil pengangkut sampah yang rusak. Jika memang harus memiliki armada baru, maka Pemko akan melakukan pengadaan lagi untuk membeli unit armada baru.
 
 
Reporter: Idris
Penulis: Rio


Tulis Komentar