Nasional

Belasan Warga Duri Menderita Penyakit Kulit, Diduga Karena Ini

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Belasan warga di Kelurahan Talang Mandi, Kecamatan Mandau terserang penyakit kulit. Yang jadi sasaran kuman adalah bagian wajah dan kulit tubuh para penderita. Keterangan dokter kepada pasien, penyakit ini diduga sejenis alergi yang disebabkan oleh air.  

Menurut warga setempat Supriandi, Rabu (8/2) kemarin, penyakit kulit ringan tersebut awalnya hanya tumbuh seperti jerawat saja. Selepas itu di sekelilingnya muncul bintik-bintik kecil bernanah. “Walau pun tidak terlalu, rasanya gatal. Kalau tak tahan terpaksa digaruk juga,” ujarnya dilansir riaupos.co.

Ditambahkan Supriandi, kabar tentang sejumlah warga terserang penyakit kulit ini bukanlah hoax alias berita bohong. “Anak dan istri saya kena. Begitu juga sejumlah tetangga di kiri-kanan rumah saya. Kebanyakan korban adalah perempuan dan anak-anak. Yang lelaki agak tahan tampaknya,” sambung Supriandi.

Karena menurut keterangan medis di klinik penyakit kulit ini diduga bersumber dari air, Supriandi berharap ada penelitian dari pihak terkait. Dari mana kuman yang menyebabkan penyakit kulit ini berasal tentulah harus bisa dipastikan.

“Kebanyakan warga disini menggunakan air PDAM. Apakah air itu yang menjadi sumber penularannya atau sumber air lain, kami tidak berani menduga-duga. Agar tidak muncul praduga negatif apalagi fitnah, kami berharap pihak terkait mengambil sampel air di rumah para penderita. PDAM pun harus membuktikan bahwa air mereka steril dari kuman dan layak untuk dipakai pelanggannya,” tutup Andi.***


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar