Pekanbaru

2017, Pemko Pekanbaru Berencana Perluas Jaringan City Gas

City Gas

GILANGNEWS.COM - Setelah mencoba saluran pipa jaringan city gas di Kecamatan Limapuluh. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana memperluas area wilayah sambungan jaringan city gas yaitu wilayah Kecamatan Senapelan dan Pekanbaru Kota.
 
Targetnya sebelum akhir 2017 sambungan jaringan gas sampai sudah dipasang di dua wilayah kecamatan lain. Saat ini sedang dalam pendataan rumah warga yang bakal dipasang jaringan.
 
“Saat ini sudah dilaksanakan pendataan dan targetnya 2017 ini juga pemasangan sambungan jaringan city gas tuntas dan diaktifkan,” ungkap Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman sebagaimana dilansir riausky.com.
 
Saat ini di Kecamatan Limapuluh, kurang lebih sebanyak 3.715 rumah warga yang sudah terpasang sambungan gas secara gratis dan sisanya sekitar 1.500 warga menolak pemasangan sambungan.
 
Sementara di dua wilayah kecamatan itu, pemerintah telah mengusulkan sampai 5.000 kepala keluarga (KK) yang bakal dipasang jaringan untuk disambung untuk dialiri gas. Usulan perluasan sambungan jaringan gas itu telah disampaikan kepada Kementerian ESDM. Namun hanya disetujui sekitar 3.500 sambungan.
 
Pipa jaringan city gas itu dipasang PT Pertagas Niaga anak dari perusahaan Pertamina sekitar tahun 2015 silam. Harapannya untuk memberikan mudahan bagi masyarakat Pekanbaru. Dimana dengan ini maka biaya lebih murah ketimbang pakai gas 3 kilogram. Sebulan hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp30 ribu sampai Rp40 ribu.
 
Penambahan jaringan pipa itu ditargetkan bakal tuntas dalam masa waktu satu tahun berjalan. Penambahan jaringan untuk memperluas pemanfaat program city gas yang digagas Pemko Pekanbaru. Rencana ke depan semua wilayah secara menyeluruh bisa mendapatkan manfaat city gas.
 
“Target penambahan di beberapa wilayah itu ya 2017 ini. Semoga meluasnya pipa jaringan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Pekanbaru untuk mendapatkan gas yang lebih murah,” harapnya.***


Tulis Komentar