Nasional

Proyek Tol Padang-Pekanbaru Masuk Dalam Daftar PSN

Ilustrasi - Jalan Tol

GILANGNEWS.COM - Proyek jalan tol Padang-Pekanbaru masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Perpres No 3 Tahun 2016. Proyek tersebut, dibagi dalam dua proyek yang termasuk dalam 17 proyek tol yang sudah mendapat lampu hijau, berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna mengatakan, ketujuh belas proyek jalan tol ini telah memenuhi izin teknis dan syarat dokumen yang lengkap untuk dapat masuk ke dalam daftar PSN yang sesuai dengan kriteria dasar. Pihaknya sendiri mengajukan 26 proyek jalan tol, namun hanya 17 yang memenuhi syarat.

"Kita kan usulkan 26. Memang ada rapat kemarin dalam pembahasan, beberapa ruas yang di luar 17 tadi, dalam rapat disampaikan belum masuk karena dalam evaluasinya belum akan konstruksi di 2018," ujarnya dilansir detikFinance, Jumat (10/2/2017).

Adapun dua proyek jalan tol Padang Pekanbaru itu adalah ruas Bukittinggi-Lubuk Alung-Padang sepanjang 55 Km yang memakan anggaran hingga Rp7,87 triliun dan Pekanbaru - Bangkinang - Payakumbuh - Bukit Tinggi sepanjang 185 km yang menelan anggaran lebih besar, yakni Rp 28,72 triliun.

Dengan masuknya proyek-proyek ini ke dalam daftar PSN, maka dalam pelaksanaannya nantinya akan mendapat prioritas dalam penganggaran serta mendapatkan jaminan ataupun dana talangan seperti talangan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dalam proyek tol, sehingga pembangunan pun akan lebih pasti.***


Tulis Komentar