Pekanbaru

Pekanbaru Targetkan Kembali Raih Piala Adipura di 2018

Monumen Piala Adipura

GILANGNEWS.COM - Melihan kondisi pengelolaan sampah yang masih belum optimal dan kesadaran masyarakat yang untuk tertib buang sampah masih minim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan pesimis mendapatkan penghargaan Adipura pada tahun ini.

"Kalau tahun ini sangat tidak mungkin kita mendapatkan penghargaan kota terbersih (Adipura), karena masih banyak masalah yang harus kita benahi untuk menciptakan Pekanbaru bersih," ungkap Zulfikri dilansir riauterkini.com, Rabu (15/2/2017).

Disebutkan, ada banyak persoalan yang harus diselesaikan, pertama terkait armada sampah yang minim, tempat pembuangan sampah yang belum ada, tenaga yang juga terbilang sedikit, keikutsertaan masyarakat untuk menjaga kebersihan kota yang sangat sedikit dan banyak lagi masalah yang harus selesaikan.

"‎Intinya, tahun ini kita semua fokus dalam pembenahan semua permasalahan, setelah itu baru ditahun berikutnya kita menargetkan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan tersebut," paparnya.

Ada beberapa langkah untuk menyelesaikan masalah sampah tersebut, pertama menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di siang hari.

"Tempat pembuangan sampah kita yang belum ada membuat masyarakat bingung kemana membuang sampah, solusinya mereka kita bolehkan membuang sampah di pinggir jalan protokol, dengan catatan hanya boleh malam hari. Jika siang hari mereka akan kita tindak dan disanksi sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Lanjut, Zulfikri menegaskan untuk memaksa masyarakat tertib buang sampah pada malam hari, pihaknya telah membentuk tim satgas yang akan bekerja disiang hari untuk memantau seluruh ‎lokasi yang rawan pembuangan sampah.

"Hati hati saja kalau buang sampah siang hari, jika tertangkap maka akan kita pidanakan," singkatnya.***


Tulis Komentar