Riau

Dirpolair Polda Riau yang baru, Kombes Kasmolan Resmi Dilantik

Serah Terima Jabatan Kombes Kasmolan (Kanan) di Aula Bengkalis, SPN Pekanbaru

GILANGNEWS.COM - Direktur Polisi Air (Dirpolair) Polda Riau yang baru, Kombes Kasmolan resmi dilantik, Jumat (17/2/2017) pagi tadi di Aula Bengkalis Sekolah Polisi Negara (SPN) Jalan Pattimura Pekanbaru.

Kombes Kasmolan ini bukan orang baru dalam penegakkan hukum terutama di wilayah perairan. Sebelum ditugasi di Polda Riau ia sempat berdinas dibeberapa daerah perbatasan seperti Aceh dan Kalimantan.

"Saya sebelumnya juga pernah di Kalimantan Selatan, terus Aceh dan wilayah perbatasan (perairan, red). Rata-rata kasusnya sama, marak penyelundupan. Ini akan kita maksimalkan pencegahannya," ungkap dia usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) sebagaimana dilansir goriau.com.

Dia pun sudah memikirkan beberapa program yang bakal diterapkan di direktoratnya, disamping melanjutkan program-program lama yang telah digagas oleh Kombes Denny Pudjianto, Direktur Polair Polda Riau sebelumnya.

"Kita tidak akan merubah program sebelumnya, kalau menambah iya. Kita maksimalkan pencegahan, seperti pos-pos kita tempatkan di lokasi tertentu, jadi penanggulangannya cepat dan pola operasinya semakin bagus," terangnya.

Sebagaimana yang diketahui, Provinsi Riau terletak diwilayah yang strategis sehingga rawan penyelundupan. Sebab itu dibutuhkan koordinasi yang bagus dengan Direktorat lainnya di Polda Riau. "Sehingga kejahatan perairan termasuk penyelundupan dapat dengan cepat dicegah," yakin dia.

Bahkan, sambung Kombes Kasmolan, pihaknya juga bakal memaksimalkan kerja sama dan pendekatan dengan masyarakat pesisir, yang paham betul dengan geografis wilayah, sehingga informasi dapat sedini mungkin diperoleh kepolisian.

Hal tersebut sangat efektif diterapkan, apalagi Direktorat Polair Polda Riau masih memiliki keterbatasan unit kapal hingga SDM, sehingga belum maksimal menjelajah tiap sudut perairan yang rawan akan kejahatan.

"Keterbatasan itu bisa kita atasi. Salah satunya kita butuh pendekatan ke masyarakat, sehingga sedini mungkin dapat informasi. Karena sebanyak apapun kapal dan SDM, tanpa dukungan dari masyarakat tak akan berhasil," singkatnya.

Sebelum didapuk menjadi Direktur Polair Polda Riau yang baru, jabatan terakhir Kombes Kasmolan adalah sebagai Kepala Sub-Direktorat Gassum Dit Sabhara Baharkam Polri.***


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar