• Follow Us On : 

Dokter: Ibu Hamil Sebaiknya Gunakan Toilet Duduk Saat Buang Air


Dibaca: 547 kali 
Senin,20 Februari 2017 - 11:49:14 WIB
Dokter: Ibu Hamil Sebaiknya Gunakan Toilet Duduk Saat Buang Air Toilet duduk

GILANGNEWS.COM - Selama hamil, tubuh ibu menopang lebih banyak beban. Bukan hanya berat badannya, namun juga menopang berat janin yang dikandungnya.

Ternyata, beban yang bertambah dua kali lipat itu, membuat dokter spesialis kandungan lebih menyarankan agar ibu menggunakan toilet duduk saat buang air.

"Toilet duduk itu lebih baik digunakan daripada toilet jongkok. Karena kalau jongkok, kakinya menopang beban berlebih, kasihan," ujar spesialis kandungan, dr Boy Abidin, SpOG dilansir viva.co.id beberapa waktu lalu.

Menurut Boy, hal tersebut bukan berdasarkan mitos. Informasi yang beredar, toilet jongkok cenderung berbahaya untuk janin.

"Posisi jongkok bukan berarti janinnya bisa keluar, itu tidak benar. Hanya dikhawatirkan area betis dan paha si ibu menopang beban saja, nanti pegal, jadi lebih nyaman toilet duduk," ucap Boy menegaskan.

Boy juga menyarankan agar toilet duduk digunakan baik saat buang air kecil maupun Buang Air Besar (BAB), untuk memberikan kenyamanan yang tepat. Sebab, masa kehamilan sangat membutuhkan rasa nyaman agar dapat lancar beraktivitas.

"Paginya bergerak, minum banyak, makan berserat serta kenyamanan dari toilet agar BAB lancar dan tidak sembelit. Intinya ibu hamil itu harus nyaman dari segi posisi duduk atau berdiri.***

Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :