Nasional

9 Orang Daftar Calon Rektor UGM, 5 di Antaranya Profesor

Prof Dr Ir Indarto DEA (dua saat memaparkan mekanisme seleksi dan pemilihan Rektor UGM.

GILANGNEWS.COM - Sebanyak sembilan orang secara resmi mendaftar sebagai calon Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2017-2022. Sembilan calon tersebut adalah para calon yang telah melengkapi dokumen-dokumen sebagai persyaratan pendaftaran.

"Kalau yang mendaftar secara online ada 46 orang, namun hingga batas akhir yang melengkapi berkas/dokumen ada 9 orang," Ketua Panitia Kerja (Panja) Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Prof Dr Indarto kepada wartawan di kantor Majelis Wali Amanat (MWA) di Kantor Pusat UGM di Bulaksumur Yogyakarta, Senin (20/2/2017).

Kesembilan calon rektor tersebut kata Indarto adalah calon yang telah menyerahkan formulir pendaftaran dan melengkapi semua dokumen. Dari 9 orang tersebut, 5 di antaranya profesor.

Sembilan orang itu adalah:

1. Ir Bagas Pujilaksono, MT
2. Prof Ir Panut Mulyono, MEng, PhD
3. Prof Dr Ali Agus
4. Prof Dr Mudrajat Kuncoro
5. Prof Dr Dwikorita Karnawati
6. Dr Erwan Agus Purwanto
7. Titi Savitri Prihatiningsih, PhD
8. Dr Paripurna Sugarda
9. Prof Dr Nizam

Menurut Indarto, kesembilan calon Rektor UGM ini akan mengikuti tahap verifikasi berkas dokumen sebagai syarat untuk ditetapkan sebagai bakal calon. Apabila sudah dinyatakan lolos maka para kandidat ini selanjutnya mengikuti proses seleksi pemilihan tiga besar di hadapan Senat Akademik (SA) Universitas Gadjah Mada .

"Sebanyak 117 anggota Senat Akademik (SA) akan memilih bakal calon yang sudah mendaftar tersebut untuk dipilih menjadi tiga besar," papar Indarto.

Indarto mengatakan proses tahapan seleksi administrasi untuk sembilan orang daftar calon ini akan dilakukan hingga pada 17 Maret mendatang. Calon yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mengikuti uji publik lewat forum aspirasi warga kampus pada 18-31 Maret 2017.

"Proses seleksi di tingkat SA UGM dilaksanakan pada minggu pertama bulan April. Sedangkan pemilihan dan penetapan Rektor terpilih oleh MWA dilaksanakan pada Minggu ketiga bulan April," katanya.***

Sumber: Detik


[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar