Nasional

Pemkot Depok Imbau Warga Beralih ke Beras Hitam

Beras hitam

GILANGNEWS.COM - Wali Kota Depok Mohammad Idris pernah mengimbau warganya untuk beralih mengonsumsi dari beras putih ke beras hitam. Hal itu, selain karena beras hitam kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, juga bisa bermanfaat bagi perekonomian petani beras hitam di Kecamatan Tapos, Depok.

Saat ini, memang produksi beras hitam masih sangat terbatas dan hanya tersedia di lahan Kecamatan Tapos Depok. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana menjadikan Kecamatan Tapos menjadi proyek percontohan buat pertanian beras hitam.

"Kita uji coba dulu, jika berhasil dan petani nyaman dengan hasil produksi beras hitamnya, maka baru kita jadikan daerah percontohan pertanian beras hitam di Kecamatan Tapos," ujar Idris di Balaikota Depok dilansir republika.co.id, Senin (20/2).

Dijelaskan Idris, melihat kondisi luas lahan kosong untuk pertanian di Kecamatan Tapos tentunya cukup dijadikan salah satu tempat percobaan penanaman beras hitam. Bahkan, Pemkot Depok sendiri siap untuk memfasilisasi petani menjual hasil produksi beras hitam di Pasar Tani yang dilaksanakan setiap sebulan sekali di lapangan Balaikota Depok.

Kecamatan Tapos masih menjadi primadona dan lahan terbesar untuk daerah pertanian, khususnya beras. Untuk itu, pihaknya mendorong petani di Tapos untuk membudidayaan beras hitam.

"Makanya kita dorong pertanian di Kecamatan Tapos, tapi yang daerah lain lain juga kita berikan perhatian yang sama, seperti di daerah Cilodong yang juga masih memiliki lahan yang cukup luas untuk pertanian juga sudah kita fasilitasi," ungkapnya.

Menurut Idris, dukungan bagi petani beras hitam di KecamatanTapos juga sebagai bentuk perhatian dan implementasi dari program Depok Sahabat Petani, Pemkot Depok dengan memberikan fasilitas benih beras hitam dan juga aktif melakukan pelatihan dan pendampingan agar hasil panen petani maksimal.

"Kami telah memfasilitasi petani Kecamatan Tapos dengan memberikan benih beras hitam dan sarana prasarana lainnya yang bisa digunakan untuk petani beras hitam. Semoga bisa panen secara efektif," jelasnya.

Dia mengutarakan, pemberian benih beras hitam bertujuan untuk sosialisasi kualitas dan keunggulan dari beras yang hanya tumbuh di daerah tertentu tersebut. Selain itu, dari sisi harga juga cukup ekonomis dan tentunya dapat membantu kesejahteraan petani.


Tulis Komentar